Oleh:
Agung Nugroho Catur Saputro
Mutu dalam percakapan sehari-hari
sebagian besar dipahami sebagai sesuatu yang absolut. Dalam definisi yang
absolut, sesuatu yang bermutu merupakan bagian dari standar yang sangat tinggi
yang tidak dapat diungguli. Produk-produk yang bermutu adalah sesuatu yang
dibuat dengan sempurna dan dengan biaya yang mahal. Produk-produk tersebut
dapat dinilai serta membuat puas dan bangga para pemiliknya. Mutu dalam
pandangan ini digunakan untuk menyampaikan keunggulan status dan posisi, dan
kepemilikan terhadap barang yang memiliki “mutu”, akan membuat pemiliknya
berbeda dari orang lain yang tidak mampu memilikinya. Mutu dalam pengertian
yang demikian, lebih tepat disebut dengan “high
quality” atau “top quality” yang
bermakna mutu tinggi (Sallis, 2006 : 52). Mutu atau kualitas menjadi isu penting dalam pengelolaan
organisasi, perusahaan, ataupun institusi pendidikan. Karena mutu atau kualitas
merupakan tujuan dari setiap proses manajemen, maka Manajemen Mutu Terpadu
(MMT) menjadi penting untuk diimplementasikan di setiap organisasi, perusahaan,
maupun institusi pendidikan.
Manajemen Mutu Terpadu (MMT) penting
diterapkan di setiap organisasi maupun perusahaan, tidak terkecuali institusi pendidikan
karena dapat meningkatkan kualitas produk atau jasa yang diberikan ke
pelanggan. Kepuasan pelanggan, baik pelanggan eksternal maupun pelanggan
internal merupakan faktor utama dalam proses bisnis. Tujuan dijalankannya
proses bisnis adalah menghasilkan produk atau jasa yang bermutu tinggi.
Indikator bermutu atau berkualitasnya produk atau jasa yang dihasilkan sebuah
organisasi, perusahaan maupun institusi pendidikan
adalah pelanggan merasa puas. Oleh karena itu, manajemen suatu organisasi,
perusahaan maupun institusi pendidikan harus berusaha dapat memberikan pelayana
yang memuaskan bagi pelanggannya, dan bahkan jika memungkinkan mampu melampaui
harapan pelanggannya. Di sinilah semangat Kaizen
penting dijalankan dalam proses manajemennya.
Buku berjudul ”Manajemen Mutu Terpadu untuk Pendidikan” ini disusun untuk menambah
dan melengkapi literatur-literatur terkait manajemen pendidikan, manajemen mutu
terpadu, dan implementasi sistem manajemen mutu di institusi pendidikan. Oleh
karena itu, buku ini dapat dipergunakan oleh mahasiswa, guru, dan dosen yang
mendalami manajemen pendidikan dan sistem manajemen mutu, serta praktisi
manajemen mutu pendidikan. Keunggulan dari buku ini adalah buku ini ditulis
oleh para akademisi dengan latar belakang ilmu manajemen pendidikan ataupun
praktisi sistem manajemen mutu. Melalui kolaborasi para ahli ilmu manajemen
pendidikan dan praktisi sistem manajemen mutu dalam satu buku menjadikan buku
ini menjadi sebuah buku referensi yang bermutu tinggi dan layak dijadikan
rujukan dalam pembelajaran ilmu manajemen pendidikan dan praktik manajemen mutu
di institusi pendidikan.
Buku ini disusun dengan tujuan untuk menyediakan tambahan referensi berupa buku yang membahas tentang seluk beluk manajemen mutu terpadu di bidang pendidikan. Buku ini dapat dipergunakan sebagai rujukan referensi alternatif bagi para akademisi yang sedang membelajarkan manajemen pendidikan maupun yang sedang mendalami manajemen mutu terpadu dalam pendidikan. Buku ini berisi tulisan-tulisan para akademisi yang berkolaborasi bersama dalam satu buku. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi buku ini, maka penyajian materi dalam buku ini dilakukan secara rapi, sistematis dan terstruktur dalam bentuk judul-judul bab.
Pembahasan dalam buku ini disajikan dalam 14 Bab yaitu :
1.
Konsep
dan pengertian Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan (MMT)
2.
Filosofi
mutu / essensi mutu
3.
Memahami
pelanggan dan kempuasannya
4.
Perkembangan
mutu
5.
Pemikir
mutu: Juran, Deming, Crosby, Ishikawa dan Feigenbaun
6.
Performansi
mutu
7.
Jaminam
mutu (Assurance quality)
8.
Gugus
Kendali mutu
9.
Mutu
Pendidikan: Mutu jasa pelayanan
10.
Manajemen
mutu Pendidikan
11.
Manajemen
mutu berbasis sekolah
12.
Peningkatan
mutu akademik
13.
Kepemimpinan
dalam peningkatan mutu pendidikan
14.
Benchmarking mutu Pendidikan
Dengan terselesaikannya penulisan
buku ini, kami tim penulis mengucapkan puji syukur Alhamdulillah kehadirat
Allah SWT karena tanpa limpahan nikmat, rahmat, taufik, dan hidayah-Nya maka
kami tim penulis tidak akan mampu
menyelesaikan penulisan buku ini sesuai yang diharapkan.
Tidak lupa kami tim penulis juga
menghaturkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan
dan redaksi penerbit Yayasan Kita Menulis yang berkenan menerbitkan buku ini.
Juga kepada semua pihak yang telah banyak memberikan dorongan kepada kami untuk
menyelesaikan penulisan buku ini. Kami para penulis menyadari bahwa penulisan
buku ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kepada para pembaca,
diharapkan kritik dan saran yang membangun bagi perbaikan buku ini masa mendatang.
Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan meridhoi amal usaha ini.
Aamiiin yaa Rabbal‘Alaamiiin.
Sukoharjo, Februari 2022
Penulis
Agung Nugroho Catur Saputro, dkk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar