Powered By Blogger

Rabu, 23 Februari 2022

KATA PENGANTAR BUKU MANAJEMEN MUTU TERPADU UNTUK PENDIDIKAN


KATA PENGANTAR BUKU MANAJEMEN MUTU TERPADU UNTUK PENDIDIKAN

Oleh: 

Agung Nugroho Catur Saputro

 

 

 

Mutu dalam percakapan sehari-hari sebagian besar dipahami sebagai sesuatu yang absolut. Dalam definisi yang absolut, sesuatu yang bermutu merupakan bagian dari standar yang sangat tinggi yang tidak dapat diungguli. Produk-produk yang bermutu adalah sesuatu yang dibuat dengan sempurna dan dengan biaya yang mahal. Produk-produk tersebut dapat dinilai serta membuat puas dan bangga para pemiliknya. Mutu dalam pandangan ini digunakan untuk menyampaikan keunggulan status dan posisi, dan kepemilikan terhadap barang yang memiliki “mutu”, akan membuat pemiliknya berbeda dari orang lain yang tidak mampu memilikinya. Mutu dalam pengertian yang demikian, lebih tepat disebut dengan “high quality” atau “top quality” yang bermakna mutu tinggi (Sallis, 2006 : 52). Mutu atau kualitas menjadi isu penting dalam pengelolaan organisasi, perusahaan, ataupun institusi pendidikan. Karena mutu atau kualitas merupakan tujuan dari setiap proses manajemen, maka Manajemen Mutu Terpadu (MMT) menjadi penting untuk diimplementasikan di setiap organisasi, perusahaan, maupun institusi pendidikan.


Manajemen Mutu Terpadu (MMT) penting diterapkan di setiap organisasi maupun perusahaan, tidak terkecuali institusi pendidikan karena dapat meningkatkan kualitas produk atau jasa yang diberikan ke pelanggan. Kepuasan pelanggan, baik pelanggan eksternal maupun pelanggan internal merupakan faktor utama dalam proses bisnis. Tujuan dijalankannya proses bisnis adalah menghasilkan produk atau jasa yang bermutu tinggi. Indikator bermutu atau berkualitasnya produk atau jasa yang dihasilkan sebuah organisasi, perusahaan maupun institusi  pendidikan adalah pelanggan merasa puas. Oleh karena itu, manajemen suatu organisasi, perusahaan maupun institusi pendidikan harus berusaha dapat memberikan pelayana yang memuaskan bagi pelanggannya, dan bahkan jika memungkinkan mampu melampaui harapan pelanggannya. Di sinilah semangat Kaizen penting dijalankan dalam proses manajemennya.


Buku berjudul ”Manajemen Mutu Terpadu untuk Pendidikan” ini disusun untuk menambah dan melengkapi literatur-literatur terkait manajemen pendidikan, manajemen mutu terpadu, dan implementasi sistem manajemen mutu di institusi pendidikan. Oleh karena itu, buku ini dapat dipergunakan oleh mahasiswa, guru, dan dosen yang mendalami manajemen pendidikan dan sistem manajemen mutu, serta praktisi manajemen mutu pendidikan. Keunggulan dari buku ini adalah buku ini ditulis oleh para akademisi dengan latar belakang ilmu manajemen pendidikan ataupun praktisi sistem manajemen mutu. Melalui kolaborasi para ahli ilmu manajemen pendidikan dan praktisi sistem manajemen mutu dalam satu buku menjadikan buku ini menjadi sebuah buku referensi yang bermutu tinggi dan layak dijadikan rujukan dalam pembelajaran ilmu manajemen pendidikan dan praktik manajemen mutu di institusi pendidikan.


Buku ini disusun dengan tujuan untuk menyediakan tambahan referensi berupa buku yang membahas tentang seluk beluk manajemen mutu terpadu di bidang pendidikan. Buku ini dapat dipergunakan sebagai rujukan referensi alternatif bagi para akademisi yang sedang membelajarkan manajemen pendidikan maupun yang sedang mendalami manajemen mutu terpadu dalam pendidikan. Buku ini berisi tulisan-tulisan para akademisi yang berkolaborasi bersama dalam satu buku. Untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi buku ini, maka penyajian materi dalam buku ini dilakukan secara rapi, sistematis dan terstruktur dalam bentuk judul-judul bab. 


Pembahasan dalam buku ini disajikan dalam 14 Bab yaitu :

1.        Konsep dan pengertian Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan (MMT)

2.        Filosofi mutu / essensi mutu

3.        Memahami pelanggan dan kempuasannya

4.        Perkembangan mutu

5.        Pemikir mutu: Juran, Deming, Crosby, Ishikawa dan Feigenbaun

6.        Performansi mutu

7.        Jaminam mutu (Assurance quality)

8.        Gugus Kendali mutu

9.        Mutu Pendidikan: Mutu jasa pelayanan

10.    Manajemen mutu Pendidikan

11.    Manajemen mutu berbasis sekolah

12.    Peningkatan mutu akademik

13.    Kepemimpinan dalam peningkatan mutu pendidikan

14.    Benchmarking mutu Pendidikan


Dengan terselesaikannya penulisan buku ini, kami tim penulis mengucapkan puji syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT karena tanpa limpahan nikmat, rahmat, taufik, dan hidayah-Nya maka kami tim penulis tidak akan mampu  menyelesaikan penulisan buku ini sesuai yang diharapkan.


Tidak lupa kami tim penulis juga menghaturkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan dan redaksi penerbit Yayasan Kita Menulis yang berkenan menerbitkan buku ini. Juga kepada semua pihak yang telah banyak memberikan dorongan kepada kami untuk menyelesaikan penulisan buku ini. Kami para penulis menyadari bahwa penulisan buku ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kepada para pembaca, diharapkan kritik dan saran yang membangun bagi perbaikan buku ini masa mendatang. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan meridhoi amal usaha ini.


Aamiiin yaa Rabbal‘Alaamiiin.

 

 

Sukoharjo,  Februari 2022

Penulis 

 

 

Agung Nugroho Catur Saputro, dkk. 

Tidak ada komentar:

Postingan Populer