Powered By Blogger

Minggu, 23 Juli 2023

SISWA SMA MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR PK KARTASURA YANG HEBAT

 

SISWA SMA MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR PK KARTASURA YANG HEBAT

Oleh:

Agung Nugroho Catur Saputro

 

 

Hari Sabtu, 22 Juli 2023 kemarin saya datang ke sekolah anak lanang untuk menghadiri acara sosialisasi program sekolah awal tahun ajaran 2023/2024. Anak saya sekolah di SMA Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura. Undangan acara sosialisasinya pukul 10.00 wib, saya berangkat dari rumah pukul 09.30 wib karena jarak rumah ke sekolah tidak terlalu jauh. Mendekati pukul 10.00 wib saya sampai di depan sekolah. Sekolah anak lanang berada di area komplek perguruan Muhammadiyah dimana di situ selain terdapat gedung SMA juga ada gedung  SD dan TK Muhammadiyah. Jadi tamu yang hadir di komplek tersebut tidak hanya tamu SMA, tetapi juga tamu SD dan TK. Saya langsung mengarahkan mobil menuju ke pintu gerbang sekolah dan segera masuk ke halaman sekolah. Tetapi belum sempat masuk ke halaman sekolah, mobil saya hentikan karena ternyata di depan pintu gerbang ada banyak motor yang parkir dan menyisakan ruang yang cukup sempit untuk mobil lewat. Saya lihat banyak bapak-bapak dan ibu-ibu yang berdiri di luar gedung TK. Kemungkinan besar mereka sedang menunggu anak-anak TK pulang.

 

Saya sempat bingung bagaimana caranya saya bisa masuk ke halaman sekolah. Mau maju tidak bisa, mau mundur juga tidak ada tempat untuk parkir. Beberapa saat saya hanya duduk termenung di dalam mobil. Saya mencoba melihat situasi di sekitar dengan lebih seksama. Saya lihat banyak bapak-bapak dan ibu-ibu yang melihat mobil saya, tapi hanya melihat dan tidak melakukan tindakan untuk menggeser motor yang posisinya agak terlalu menjorok sehingga menghalangi mobil saya untuk lewat. Terbersit pikiran untuk membunyikan klakson, tapi pikiran tersebut segera saya buang jauh-jauh karena menurut saya itu tindakan kurang sopan. Kemudian saya berencana mau keluar dari mobil untuk menggeser salah satu motor yang parkirnya agak menjorok ke jalan. Tetapi renncana tersebut tidak saya lanjutkan karena posisi mobil saya terlanjur mepet dengan pintu gerbang sekolah sehingga tidak memungkinkan saya untuk membuka pintu mobil dan keluar dari mobil.

 

Beberapa saat saya bingung mau melakukan apa. Saya coba menunggu barangkali ada salah satu bapak-bapak atau ibu-ibu yang tadi melihat kedatangan saya berbaik hati mau menggeser salah satu motor.Tetapi ternyata harapan saya sia-sia. Ternyata mereka hanya memandang saja dan saya tetap dalam posisi kebingungan. Di tengah kebingungan saya, tiba-tiba datanglah seorang siswa SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK yang berjalan mendekat ke arah monbil saya dan menggeser satu motor yang posisinya terlalu menjorok ke jalan. Alhamdulillah, akhirnya ada orang yang mau membantu saya. Saya pun senang dan tersenyum melihat tindakan siswa tersebut. Sambil berjalan pelan-pelan menuju ke tempat parkir, saya mengucapkan terima kasih ke siswa tersebut. Akhirnya saya bisa masuk ke halaman sekolah dan memarkirkan mobil di tempat parkir yang tersedia.

 

Saya senang sekali dengan sikap siswa SMA tersebut. Saya bangga dengan inisiatif dia untuk menggeser motor yang parkir terlalu menjorok. Saya sangat takjub dengan keberanian dia memutuskan bersikap berbeda dengan sikap kebanyakan orang di sekitarnya, Ketika banyak orang dewasa di situ yang hanya melihat masalah yang saya hadapi tanpa menunjukkan kepedulian dan rasa empatinya untuk menggeser salah satu motor yang terlalu menjorok ke jalan, siswa tersebut berani tampil beda. Dia dengan percaya diri maju dan tanpa keragu-raguan sedikitpun memindahkan motor yang parkir terlalu menjorok tersebut. Luar biasa. Siswa yang hebat. Siswa yang memiliki karakter kepedulian sosial yang tinggi. Siswa yang memliki rasa empati dan suka menolong orang lain.

 

Saya rasa, sikap yang ditunjukkan siswa SMA tersebut menjadi bukti bahwa sekolah telah berhasil mendidiknya sehingga ia memiliki karakter yang baik. Program pendidikan karakter yang dijalankan sekolah telah menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan. Apa yang ditampilkan siswa tersebut merupakan bukti keberhasilan program pendidikan karakter yang dijalankan sekolah. Walaupun saya tidak tahu berapa persen siswa yang memiliki karakter kepedulian sosial yang tinggi sebagaimana yang ditunjukkan oleh siswa tersebut, setidaknya saya telah melihat sendiri bahwa ada bukti nyata siswa SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK yang memiliki karakter yang baik. Semoga sikap dan perilaku siswa yang menolong saya tersebut mewakili persentase yang besar dari seluruh siswa SMA. Amin.

 

Apa yang saya alami tersebut saya ceritakan kepada para guru saat acara sosialisasi program sekolah ketika sesi tanya jawab. Saya kurang tahu apakah cerita saya tersebut mendapat perhatian serius dari pihak sekolah atau tidak. Barangkali karena waktu bercerita kejadian tersebut, saya cenderung lebih menekankan tentang urgensi penertiban parkir kendaraan sehingga kisah kehebatan siswa SMA yang menolong saya kurang mendapatkan perhatian. Tetapi setidaknya melalui tulisan ini saya ingin kembali memberitahukan bahwa ada salah satu siswa SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura yang telah menunjukkan karakter yang baik dengan berinisiatif menolong orang lain walaupun di waktu yang bersamaan banyak orang dewasa di sekitarnya yang tidak melakukannya. Bagi saya pribadi, tindakan yang dilakukan siswa tersebut adalah luar biasa. Siswa tersebut merupakan contoh generasi yang hebat. Semoga setelah membaca tulisan ini, pimpinan sekolah dan guru-guru SMA Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura merasa bangga dengan perilaku baik siswanya dan semakin semangat mengajarkan pendidikan karakter kepada para siswa. []

 

Gumpang Baru, 23 Juli 2023

 

 

________________________________

*Agung Nugroho Catur Saputro, Dosen di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret. Penulis buku Berpikir untuk Pendidikan (Yogyakarta: KBM Indonesia, 2022), Bongkar Rahasia Cara Mudah Produktif Menulis Buku (Yogyakarta: KBM Indonesia, 2023), dan 90-an buku lainnya.

 

Tidak ada komentar:

Postingan Populer