Powered By Blogger

Sabtu, 25 Maret 2023

SELALU OPTIMIS

 


SELALU OPTIMIS

Oleh:

Agung Nugroho Catur Saputro




Dalam hidup ini akan banyak masalah yang kita hadapi. Setiap masalah yang muncul harus kita selesaikan. Kita tidak boleh menghindari masalah. Kita tidak boleh pergi meninggalkan masalah. Masalah harus dihadapi dan diselesaikan. 


Salah satu masalah yang sering dihadapi banyak orang adalah masalah kesehatan. Semua orang pasti ingin hidup sehat. Semua orang pasti tidak ingin sakit. Tetapi ketika tiba-tiba sakit menghampiri, maka kita tidak bisa menghindar. Sakit harus diobati.


Kesehatan memang berkaitan dengan pola hidup. Pola hidup sehat akan menghasilkan kehidupan yang sehat. Terapi terkadang walau sudah menjalankan pola hidup sehat, ternyata penyakit bisa juga datang menghampiri. 


Sakit merupakan indikator tubuh sedang berjuang melawan penyakit. Oleh karena itu, ketika sakit kita harus membantu tubuh melawan serangan penyakit dengan minum obat. Minum obat akan memberikan bala bantuan ke tubuh untuk memenangkan peperangan melawan penyakit.


Terkadang untuk penyakit tertentu, pemberian obat tidak cukup untuk membantu tubuh memenangkan pertempuran melawan penyakit. Untuk beberapa penyakit tertentu, diperlukan tindakan operasi untuk memperbaiki dan mengembalikan kembali fungsi kerja organ tubuh yang sempat tidak bekerja normal.


Tubuh perlu diperbaiki dan dikembalikan ke fungsi normalnya agar mampu berjuang melawan penyakit dengan maksimal. Pada kondisi ketika fungsi organ tubuh telah berubah, diperlukan tindakan operasi oleh dokter ahli. Dokter akan melakukan tindakan rekayasa untuk memulihkan fungsi kerja organ tubuh agar bisa kembali ke kondisi normal. 


Ketika proses penyembuhan suatu penyakit yang cukup serius, diperlukan usaha yang serius dan semangat optimisme. Secara jasmani tubuh diperbaiki fungsi kerjanya melalui tindakan operasi, sedangkan secara rohani (psikis) jiwa dibangkitkan semangatnya dengan motivasi dan optimisme.


Terkadang ketika kondisi tubuh sedang lemah, sementara penyakit masih begitu kuat menyerang benteng pertahanan tubuh, kita mudah mengalami putus asa dan depresi. Pada saat kondisi demikianlah, diperlukan tambahan dorongan motivasi dan energi kehidupan dari luar. 


Energi kehidupan berupa motivasi dan semangat sembuh tersebut bisa berasal dari orang-orang di sekitar kita, yaitu orang-orang berhati baik dan mulia yang peduli terhadap kita. Doa-doa yang dipanjatkan oleh orang-orang di sekitar kita akan mampu membangkitkan semangat kita untuk sembuh.


Keberadaan orang-orang yang peduli dengan kita seakan-akan memberikan energi baru sehingga kita menjadi lebih bergairah untuk bangkit dan bersemangat berperang mengalahkan penyakit yang menjangkiti kita. Munculnya semangat dan rasa optimis pasti sembuh merupakan awal kemenangan kita untuk merayakan kesembuhan kita. InsyaAllah. Amin. []


Gumpang Baru, 24 Maret 2023

 

 ________________________________

*Agung Nugroho Catur Saputro, Dosen di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret. Penulis buku Berpikir untuk Pendidikan (Yogyakarta: KBM Indonesia, 2022), Bongkar Rahasia Cara Mudah Produktif Menulis Buku (Yogyakarta: KBM Indonesia, 2023), dan 90-an buku lainnya.



 


Tidak ada komentar:

Postingan Populer