Powered By Blogger

Selasa, 23 Mei 2023

MANFAAT POSITIF MENEKUNI HOBI


MANFAAT POSITIF MENEKUNI HOBI

Oleh:

Agung Nugroho Catur Saputro

 

 

 

Hobi merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan. Setiap orang pasti memiliki hobi, walaupun jenisnya berbeda-beda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hobi didefinisikan sebagai kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Merujuk pada definisi ini, maka melakukan hobi itu menyenangkan dan bukan aktivitas utama. Hobi dapat dilakukan di waktu senggang, atau di sela-sela rutinitas aktivitas utama untuk menghilangkan kejenuhan.

 

Walaupun hobi itu sekadar kegemaran yang menyenangkan, bukan berarti hobi itu sesuatu yang tidak ada manfaatnya. Hobi yang jika dilakukan dengan serius ataupun ditekuni, di kemudian hari ternyata dapat mendukung aktivitas utama. Hobi bahkan jika dijalani secara tekun dan disiplin akan dapat menunjang kehidupan. Jadi sekali lagi, hobi bukan sesuatu yang sia-sia. Sudah banyak orang yang hidupnya lebih baik bukan karena aktivitas (pekerjaan) utamanya, tetapi justru karena hobi yang ditekuninya.

 

Suatu aktivitas yang membahagiakan karena merupakan passion pastilah akan berdampak positif terhadap kehidupan. Orang yang selalu merasa bahagia pasti akan merasakan betapa berharganya kehidupan. Penghargaan terhadap hidup akan berpengaruh pada sikap dan perilaku seseorang dalam menjalani kehidupan. Kesadaran akan pentingnya dan berharganya kehidupan harus dimiliki oleh setiap orang. Pandangan positif terhadap kehidupan harus selalu ditanamkan pada diri setiap orang. Hal itu agar supaya setiap orang mampu menjalani kehidupan dengan baik dan penuh manfaat.

 

Orang yang merasa hidupnya sangat berharga akan sangat hati-hati dalam menjalaninya. Ia akan selalu mengisi hidupnya dengan melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat. Sebaliknya, orang yang merasa hidupnya tidak berharga atau tidak menyadari betapa berharganya hidup pasti dalam kesehariannya ia akan lebih sering melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat dan menyia-nyiakan hidupnya, dan bahkan mungkin malah membahayakan hidupnya. Demikianlah pandangan seseorang terhadap kehidupannya akan mempengaruhi pola dan jalan kehidupan yang dipilih.

 

Salah satu cara menjalani kehidupan yang baik adalah tidak menyia-nyiakan hobi atau passion yang dimiliki. Mengerjakan aktivitas hobi itu menyenangkan dan membahagiakan hati. Hobi yang dilakukan secara berkesinambungan dan teratur suatu saat nanti pasti akan mendatangkan manfaat, baik manfaat psikis maupun manfaat jasmani. Manfaat psikis berupa kesehatan jiwa dan manfaat jasmani berupa kesehatan tubuh. Hati yang senang dan badan yang sehat akan sangat mendukung proses kehidupan.

 

Melakukan aktivitas hobi mampu mencakup kedua aspek tersebut, yakni hati senang dan bahagia yang berarti hatinya sehat dan badan sering beraktivitas yang berarti akan membuat jasmani sehat dan bugar. Perpaduan antara kesehatan psikis dan kesehatan fisik merupakan wujud dari kesehatan paripurna. Kehidupan yang diwarnai dengan suasana hati yang bahagia dan didukung dengan kesehatan jasmani yang prima merupakan nikmat kehidupan yang tiada tara. Kesehatan merupakan nikmat Tuhan yang sangat berharga.

 

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang sakit rela mengeluarkan banyak biaya hanya demi mencari kesehatan. Berbagai jenis dan metode pengobatan mereka tempuh demi memperoleh kesembuhan. Maka sudah sepantasnya jika orang yang masih sehat seyogyanya berusaha untuk selalu menjaga dan memelihata kesehatannya. Sakit itu memang tidak bisa diduga dan diprediksi. Tetapi sehat itu adalah pilihan. Sehat tidak datang sendiri, melainkan harus diupayakan. Maka dalam kehidupan ini, apakah kita akan memilih sehat atau memilih sakit, semuanya akan tercermin dari pola laku kehidupan sehari-hari. Orang yang melakukan gaya hidup sehat saja terkadang masih bisa sakit, apalagi orang yang sembrono dalam berperilaku sehari-hari.

 

Sebagai akhir tulisan ini, penulis mengajak marilah kita isi kehidupan kita dengan aktivitas-aktivitas yang mendukung kesehatan, baik kesehatan psikis maupun kesehatan jasmani. Kesehatan jasmni sangat dipengaruhi oleh kesehatan psikis. Suasana hati yang senang dan bahagia akan berdampak positif terhadap kesehatan jasmani. Maka marilah kita sehatkan psikis kita dengan pikiran-pikiran positif dan melakukan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan dan membahagiakan hati, salah satunya adalah menekuni hobi. Hobi jangan dipendam. Hobi jangan dikekang. Bebaskan hobi kita. Lakukan hobi kita. Suatu saat nanti kita akan memetik manfaat positif dari kita menekuni hobi.

 

Penulis sendiri juga berusaha melakukan hobi setiap hari. Penulis senang menulis. Penulis merasa menulis itu hobi karena penulis merasakan hati senang dan bahagia setiap kali selesai menulis. Sampai sekarang penulis menjalani proses kreatif menulis masih sekadar untuk menyalurkan hobi. Penulis belum menjadikan aktivitas menulis sebagai aktivitas utama. Aktivitas menulis yang penulis jalani hanya untuk hiburan dan penyenang hati. Penulis menulis tema apa saja yang muncul di pikiran. Penulis tidak membatasi tema tertentu untuk ditulis. Pokoknya apa saja yang muncul di pikiran akan penulis tulis.

 

Penulis menulis tema-tema yang ringan saja. Tema-tema ringan seputar kehidupan sehari-hari, baik yang penulis alami maupun penulis lihat merupakan bahan tulisan yang murah dan melimpah. Penulis tidak perlu mencari sumber referensi atau teori ilmiah untuk mendukung tulisan penulis karena tulisan tersebut bukanlah tulisan ilmiah. Tulisan-tulisan yang penulis tulis setiap hari berupa tulisan-tulisan reflektif dan renungan kehidupan. Tulisan-tulisan tersebut biasanya dapat penulis selesaikan dalam sekali duduk atau terkadang memerlukan waktu beberapa hari karena belum mengkristalnya ide tulisan.

 

Demikianlah penulis menjalankan hobi menulis setiap hari. Penulis senang dan bahagia melakukannya. Hanya cukup mengetik di handphone, penulis dapat menghasilkan sebuah tulisan pendek yang berisi 7-10 paragraf, dan kemudian mengunggahnya di akun media social Facebook ataupun blog pribadi. Setiap kali berhasil menyelesaikan satu tulisan dan mengunggahnya di Facebook atau blog pribadi, penulis merasakan hati senang, puas, dan bahagia. Penulis tidak tahu dari mana datangnya kebahagiaan tersebut. Karena menulis itu ternyata menyenangkan dan membahagiakan, maka penulis akan berusaha untuk terus menulis. Menulis selain untuk menyalurkan hobi, juga bisa sebagai sarana untuk mengaktualisasikan diri. Menulis juga bisa untuk sarana meninggalkan jejak kehidupan berupa warisan intelektual karena tulisan adalah penanda peradaban. []

 

Gumpang Baru, 24 Mei 2023

 

 

___________________________________

*Agung Nugroho Catur Saputro, Dosen di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret. Penulis buku Berpikir untuk Pendidikan (Yogyakarta: KBM Indonesia, 2022), Spiritualisme Lapar dalam Ibadah Puasa (Yogyakarta: KBM Indonesia, 2023), dan 90-an buku lainnya.

 

Tidak ada komentar:

Postingan Populer