Powered By Blogger

Senin, 11 September 2023

TESTIMONI TENTANG SMA MUHAMMADIYAH ALKAUTSAR PK KARTASURA

 

TESTIMONI TENTANG SMA MUHAMMADIYAH ALKAUTSAR PK KARTASURA

Oleh:

Agung Nugroho Catur Saputro

 

 

Pada awalnya, saya menyekolahkan anak saya ke SMA Muhammadiyah Alkautsar Program Khusus Kartasura dengan pertimbangan karena jarak sekolah dari rumah cukup dekat. Selain itu juga untuk melanjutkan sekolah di lembaga pendidikan Islam yang berada di bawah naungan yayasan yang sama. Sebelumnya anak saya sekolah di SMP Muhammadiyah Alkautsar Program Khusus Kartasura. Tetapi setelah mengikuti perkembangan prestasi yang diraih sivitas akademika SMA Muhammadiyah Alkautsar Program Khusus Kartasura hingga sekolah mendapatkan penghargaan sebagai sekolah berprestasi, saya merasa bersyukur bisa menyekolahkan anak saya ke SMA Muhammadiyah Alkautsar Program Khusus Kartasura. Saya punya harapan besar  SMA Muhammadiyah Alkautsar Program Khusus Kartasura akan mampu mendidik dan membekali anak saya menjadi orang yang sukses dan berakhlak mulia. Apalagi dengan tagline “The School of Leader, Lead You To Be a Winner” semakin memantapkan saya untuk mendukung program-program pendidikan di SMA Muhammadiyah Alkautsar Program Khusus Kartasura.

Menurut pendapat saya, SMA Muhammadiyah Alkautsar Program Khusus Kartasura adalah sekolah yang punya potensi besar menjadi sekolah unggulan. Walaupun merupakan sekolah yang belum lama berdiri, tetapi dengan rekam jejak banyaknya capaian prestasi yang diraih oleh siswa maupun gurunya, sudah membuktikan bahwa SMA Muhammadiyah Alkautsar Program Khusus Kartasura berpotensi besar untuk menjadi sekolah yang berkualitas tinggi. Pimpinan dan segenap guru SMA Muhammadiyah Alkautsar Program Khusus Kartasura telah cukup baik dalam mendesain program-program pengembangan diri bagi anak. Di antaranya program pengembangan bakat minat siswa melalui fasilitas ekstrakurikuler sesuai bakat minat anak. Di sekolah ini, anak saya dapat menyalurkan dan mengembangkan bakat minatnya dengan baik. Anak saya diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya dalam bidang editing video melalui pemberian tugas untuk mengedit video-video kegiatan sekolah. Kepercayaan yang diberikan sekolah tersebut merupakan wujud kepedulian sekolah terhadap perkembangan bakat minat siswa.

Program pendidikan lainnya yang diprogramkan sekolah untuk mendukung pengembangan karakter religius siswa adalah pencanangan program mengaji (membaca Al-Qur’an) di rumah setiap bakda shalat Maghrib. Saya sangat mendukung pencangan program mengaji Al-Qur’an tersebut karena membiasakan anak-anak setiap hari dekat dengan Al-Qur’an. Jika setiap hari anak-anak selalu dekat dengan Al-Qur’an melalui aktivitas membaca Al-Qur’an, maka insyaAllah hati dan jiwa anak akan selalu dinaungi keagungan Al-Qur’an. Saya sangat mengapresiasi dan mendukung program mengaji tersebut karena kebetulan bersesuaian dengan program pendidikan keluarga yang telah saya jalankan untuk keluarga selama ini. Jadi program sekolah mengaji setiap hari bakda shalat Maghrib semakin memperkuat program pendidikan karakter di keluarga saya, dan sebaliknya program mengaji bakda shalat Maghrib yang telah lama saya jalankan akan semakin mendukung program pendidikan karakter yang dijalankan sekolah.

Selain itu, program home visit guru BK ke rumah untuk bertemu dan berkomunikasi dengan orang tua guna membicarakan perkembangan proses belajar anak merupakan program yang sangat baik dan perlu diteruskan. Saya menyadari bahwa keberhasilan proses pendidikan anak saya tidak hanya dipengaruhi oleh keberhasilan sekolah dalam menyelenggarakan proses pendidikan, tetapi juga bergantung pada bagaimana saya (keluarga) mendukung program sekolah dan menyediakan lingkungan yang kondusif bagi anak untuk mengembangkan potensi dan kompetensi dirinya secara maksimal. Oleh karena itu, saya sangat senang ketika sekolah membuat program home visit. Dengan adanya komunikasi langsung pihak sekolah melalui guru BK ke saya, saya jadi tahu bagaimana perkembangan proses belajar anak saya dan bagaimana sikap dan perilaku anak saya di sekolah. Melalui program home visit tersebut, saya dapat menyampaikan saran, masukan dan harapan saya ke pihak sekolah untuk kemajuan sekolah dan keberhasilan proses pendidikan yang diselenggarakan.

Harapan saya, semoga ke depannya SMA Muhammadiyah Alkautsar Program Khusus Kartasura semakin maju dengan semakin banyak capaian prestasi yang diraih guru dan siswanya, semakin banyak program-program pendidikan yang dirancang untuk meningkatkan mutu proses pendidikan, dan SMA Muhammadiyah Alkautsar Program Khusus Kartasura dapat menjadi salah satu sekolah unggulan yang akan banyak dicari oleh para orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka. Amin. []



Agung Nugroho Catur Saputro, S.Pd.,M.Sc.

Dosen di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret. Peraih juara 1 Nasional lomba penulisan buku pelajaran Kimia SMA/MA di Kementerian Agama RI. Penulis Buku Nonfiksi tersertifikasi BNSP yang telah menerbitkan 100+ judul buku dan memiliki 37 sertifikat hak cipta dari Kemenkumham RI. Beliau dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp: 081329023054, email: anc_saputro@yahoo.co.id, dan website: https://sharing-literasi.blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Postingan Populer