Powered By Blogger

Rabu, 16 Desember 2020

MENSYUKURI NIKMAT WAKTU DAN SEHAT DENGAN PRODUKTIVITAS KARYA

 

Display Buku-Buku Penulis yang Terbit Tahun 2020

MENSYUKURI NIKMAT WAKTU DAN SEHAT DENGAN PRODUKTIVITAS KARYA 

Oleh :
Agung Nugroho Catur Saputro

 


Artikel ini merupakan tulisan pertama penulis setelah hampir satu bulan lamanya penulis berhenti dari aktivitas menulis dikarenakan sakit. Sejak awal bulan November 2020, entah kenapa tiba-tiba mata kiri penulis menjadi merah sekali dan terasa pedih. Rasa pedih di mata kiri disertai keluar air mata penulis rasakan ketika penulis mencoba bekerja dengan laptop. Mata kiri penulis menjadi sangat sensitif terhadap cahaya laptop, cahaya laptop menjadi silau walau tingkat kecerahan layar laptop sudah penulis turunkan. Ketika bekerja menatap layar laptop, tidak berapa lama kemudian pandangan mata kiri menjadi semakin kabur. Di samping itu, mata kiri selalu terasa gatal dan setiap bangun tidur di mata kiri selalu ada kotoran. Penulis sudah mencoba memberikan obat tetes mata, tetapi tidak juga segera sembuh. Setelah dua minggu berjalan, barulah mata kiri penulis kembali normal.


Penulis tidak tahu persis apa penyebab sakitnya mata kiri penulis. Penulis menduga mungkin karena factor radiasi layar laptop. Memang dua minggu sebelumnya penulis lumayan ekstra dalam bekerja dengan laptop. Penulis sering bekerja dengan laptop dari pagi hingga malam, bahkan terkadang sampai tengah malam. Mungkin saja karena terlalu sering frekuensi menatap layar laptop, menjadikan mata kiri penulis menjadi merah dan terasa pedih.


Beberapa hari setelah merasakan mata terasa enak dan nyaman untuk menatap layar laptop kembali, niat penulis ingin melanjutkan menulis disertasi. Tetapi tiba-tiba penulis merasakan kesehatan penulis nge-drop. Penulis merasakan demam, badan terasa panas tetapi merasakan hawa dingin yang menyengat sampai ke tulang. Di samping merasakan kedinginan yang terus-menerus, penulis juga merasakan kepala pusing dan perut mual. Mungkin karena panas badan yang cukup tinggi, penulis merasakan telinga terasa sakit. Karena kepala pusing dan perut mual, maka nafsu makan pun berkurang. Makan makanan apapun terasa tidak enak hingga sampai penulis meminta istri untuk menyiapkan menu makanan tertentu yang penulis bayangkan menggugah selera makan.


Penulis merasakan kondisi tubuh serba tidak nyaman tersebut hingga satu minggu lamanya. Karena merasakan hawa dingin yang amat sangat hingga badan menggigil setiap menyentuh air, maka selama satu minggu penulis selalu tayamum jika akan sholat. Penulis merasakan perasaan sangat tersiksa karena seolah-olah penulis terperangkap dalam tubuh yang tidak bisa apa-apa. Jiwa penulis ingin bebas melakukan banyak hal tetapi tubuh fisik tidak mendukungnya. Untuk sekadar berdiri saja badan tidak mampu karena kepala sangat pusing dan perut terasa mual. Maka setiap sholat, penulis melakukannya dengan posisi duduk karena tidak mampu berdiri terlalu lama.


Pada awalnya penulis tidak ingin periksa kesehatan ke dokter karena penulis menduga hanya sakit masuk angin biasa, apalagi kondisi pandemic Covid-19 ini, penulis berusaha untuk menghindari  berinteraksi dengan tenaga kesehatan maupun rumah sakit. Tetapi karena hingga satu minggu lamanya penderitaan penulis tidak juga ada tanda-tanda perubahan ke arah membaik, maka akhirnya penulis memutuskan memeriksakan diri ke dokter. Setelah meminum obat resep dari dokter, alhamdulillah akhirnya satu minggu kemudian kesehatan penulis berangsur-angsur pulih kembali. Perlu waktu satu minggu lebih untuk memulihkan kesehatan penulis sehingga merasakan makan enak dan tidak merasakan kedinginan ketika menyentuh air. Demikianlah hampir satu bulan lamanya penulis berjuang untuk kesembuhan diri dan memulihkan kesehatan sehingga selama sekitar satu bulan ini penulis praktis tidak aktif menulis maupun berinteraksi di media sosial. Selama satu bulan penulis lebih memfokuskan diri untuk berjuang meraih kesembuhan diri dan memulihkan kembali kesehatan penulis.


Tahun 2020 merupakan tahun yang istimewa. Mengapa? Karena di tahun 2020 inilah seluruh orang di dunia melakukan perubahan pola hidup. Dikarenakan adanya pandemic Covid-19 yang melanda seluruh negara di dunia, maka semua orang harus melakukan perubahan dalam pola kehidupannya, yaitu selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau memakai handsanitizer, dan menjaga jarak (physical distancing). Perubahan pola kehidupan tersebut harus dilakukan semua orang untuk memutus rantai penyebaran virus corona.


Selama tahun 2020 ini penulis berusaha meningkatkan produktivitas diri, baik dalam kualitas maupun kuantitas. Dalam kualitas, penulis meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti berbagai pelatihan, workshop maupun webinar. Sedangkan dalam kuantitas, penulis meningkatkan produktivitas jumlah karya tulis berupa buku. Adanya kebijakan bekerja dari rumah (work from home) penulis manfaatkan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang positif. Salah satunya adalah menulis buku. Walaupun beberapa kali penulis mengalami sakit karena penyakit lama yang kambuh maupun karena kondisi kesehatan penulis yang sedang ngedrop, penulis tetap berusaha mengisi hari-hari selama masa pandemic Covid-19 dengan aktivitas-aktivitas yang positif.


Sejak awal tahun 2020 hingga menjelang berakhirnya tahun 2020 ini, Alhamdulillah penulis telah menorehkan sejumlah karya berwujud buku dan aktivitas beberapa kali mereview artikel jurnal nasional terakreditasi SINTA 2 maupun artikel jurnal internasional. Jumlah buku yang berhasil penulis terbitkan di tahun 2020 ini sebanyak 15 judul buku, yang mencakup buku karya mandiri maupun buku-buku karya bersama (kolaboratif maupun antologi). Di samping itu, penulis juga masih menunggu 2 judul buku antologi yang sebentar lagi akan terbit. Jika dua buku ini bisa terbit di bulan Desember ini, maka total buku yang berhasil penulis terbitkan di tahun 2020 ini mencapai 17 judul.



Adapun daftar judul-judul buku penulis yang terbit di tahun 2020 ini adalah sebagaimana tercantum dalam Tabel 1.

Table 1. Daftar Buku Karya Penulis yang Terbit Tahun 2020

No.

Judul Buku

Tahun Terbit

Penerbit & Kota

No. ISBN

1.

Sejuta Alasan Mencintai Indonesia (Book Chapter/Antologi)

Januari 2020

Sahabat Pena Kita, Gresik

978-623-91485-4-6

2.

Moderasi Beragama (Book Chapter/Antologi)

Januari 2020

Sahabat Pena Kita, Gresik

978-623-91485-6-0

3.

Guru Pembelajar Bukan Guru Biasa (Book Chapter/Antologi)

Januari 2020

Sahabat Pena Kita, Gresik

978-623-91485-5-3

4.

Mengenang Sang Guru (Book Chapter/Antologi)

April 2020

Sahabat Pena Kita, Gresik

978-623-91485-9-1

5.

Membangun Institusi Pendidikan yang Unggul dan Berdaya Saing Tinggi (Penulis Tunggal)

Juni 2020

Haura Utama, Sukabumi

978-623-93837-1-8

6.

Sains Kehidupan (Tim Penulis)

Juni 2020

Haura Utama, Sukabumi

978-623-93837-2-5

7.

Menggagas Pendidikan Berbasis Nilai (Penulis Tunggal)

Juni 2020

Haura Utama, Sukabumi

978-623-93837-3-2

8.

Maestro Mengikat Makna dalam Kenangan (Book Chapter/Antologi)

Juli 2020

Sahabat Pena Kita, Gresik

978-623-93125-1-0

9.

Inspirasi Literasi (Book Chapter/Antologi)

Juli 2020

Sahabat Pena Kita, Gresik

978-623-93125-2-7

10.

Kita Menulis : Merdeka Menulis (Book Chapter/Antologi)

Agustus 2020

Yayasan Kita Menulis

978-623-6512-70-8

11.

Mendulang Literasi di Kampus Dakwah dan Peradaban (Book Chapter/Antologi)

Oktober 2020

Akademia Pustaka, Tulungagung

978-623-6704-16-5

12.

Literasi Diri : Tentang Aku dan Buku-Bukuku (Book Chapter/Antologi)

Oktober 2020

Akademia Pustaka, Tulungagung

978-623-6704-15-8

13.

Harmoni Kehidupan : Inspirasi Menjalani Kehidupan yang Seimbang (Penulis Tunggal)

November 2020

Farha Pustaka, Sukabumi

978-623-278-370-6

14.

Ilmu Sosial Budaya Dasar (Kolaborasi Penulis)

November 2020

Yayasan Kita Menulis

978-623-6761-58-8

15.

Inovasi Pendidikan : Konsep, Proses dan Strategi (Kolaborasi Penulis)

November 2020

Yayasan Kita Menulis

978-623-6761-64-9

16.

Bukan Birokrat Biasa #2 (Book Chapter/Antologi)

Proses Terbit

 

 

17.

Kuliah Doktor? Siapa Takut (Book Chapter/Antologi)

Proses Terbit

DotPlus Publisher

 

 

Kelima belas judul buku yang telah terbit tersebut telah penulis inputkan ke dalam aplikasi sistem kinerja dosen di kampus tempat penulis mengabdi, yaitu di Universitas Sebelas Maret. Aplikasi sistem kinerja dosen Universitas Sebelas Maret beralamatkan di https://iris1103.uns.ac.id. Alhamdulillah lima belas judul buku penulis tersebut telah diverifikasi dan diakui sebagai kinerja dosen di atas standar tahun 2020.










Selain menulis buku, selama tahun 2020 ini penulis juga melakukan aktivitas ilmiah yaitu mereview artikel jurnal nasional terakreditasi SINTA 2 dan artikel jurnal internasional. Selama tahun 2020 penulis telah memperoleh undangan mereview dua artikel ilmiah di jurnal nasional terakreditasi SINTA 2 dan satu artikel jurnal internasional. Ketika kinerja sebagai reviewer jurnal tersebut juga telah penulis input di aplikasi sistem kinerja dosen Universitas Sebelas Maret (https://iris1103.uns.ac.id) dan sudah diverifikasi maupun divalidasi sebagai kinerja dosen di atas standar tahun 2020.





Di samping menulis buku dan menjadi reviewer jurnal ilmiah, selama tahun 2020 penulis juga meningkatkan kompetensi diri di bidang MindMap  dengan mengikuti beberapa kali wokshop Mindmap dan penulis tingkatkan dengan mengikuti TOT calon Trainer Mindmap dan memperoleh sertifikat resmi sebagai Trainer Mind Map dari ThinkBuzan iMindMap Leader dan Indomindmap Certified Trainer-ICT. Selain itu, di tahun 2020 ini penulis mengikuti proses sertifikasi sebagai penulis buku non fiksi dan memperoleh sertifikat kompetensi sebagai penulis buku non fiksi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).






Demikian catatan capaian produktivitas penulis selama tahun 2020. Walaupun tahun 2020 adalah tahun duka cita bagi seluruh dunia karena adanya pandemic Covid-19 yang telah  merenggut jutaan nyawa, penulis tetap berusaha mengisi waktu selama pandemic covid-19 dengan aktivitas-aktivitas yang bernilai positif. Waktu dan kesehatan adalah nikmat Allah swt yang sangat berharga, maka seyogyanya kita isi dengan hal-hal yang positif. Untuk mensyukuri nikmat waktu dan kesehatan, penulis mengisinya dengan aktivitas meningkatkan kompetensi diri dan meningkatkan produktivitas dalam karya buku. Semoga refleksi akhir tahun 2020 penulis ini dapat memotivasi dan menginspirasi sahabat pembaca yang budiman. Amin. []

 

Gumpang Baru, 16 Desember 2020

_______________________

*) Agung Nugroho Catur Saputro adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku non fiksi tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan lebih dari 30 judul buku,  Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2, serta Trainer tersertifikasi ThinkBuzan Certified iMindMap Leader dan Indomindmap Certified Trainer-ICT. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id. Tulisan-tulisan penulis dapat diakses di akun Facebook : Agung Nugroho Catur Saputro, Website : https://sahabatpenakita.id dan Blog : https://sharing-literasi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Postingan Populer