Powered By Blogger

Minggu, 10 Desember 2023

PAPI KOK GAK BANGUNKAN ADIK?

 


PAPI KOK GAK BANGUNKAN ADIK?

Oleh:

Agung Nugroho Catur Saputro




Sebelum sekolah TK, putri kecil kami memang sudah kami kenalkan tentang shalat dengan mengajaknya ikut shalat. Untuk memotivasinya, kami membelikan dia mukena dan sajadah khusus berwarna pink sesuai warna kesukaannya. 


Sejak mempunyai mukena dan sajadah sendiri, putri kecil kami menjadi lebih termotivasi untuk ikut shalat fardhu dan sunnah. Ia merasa sudah seperti papi mami dan kakaknya yang memiliki sajadah sendiri. Walaupun terkadang mogok sholat, tetapi ia lebih banyak rajin sholatnya daripada mogoknya. Setiap selesai shalat, dia melipat sendiri mukenanya meniru yang dilakukan maminya. 


Ketika masuk sekolah TK, di sekolah ia mendapat pelajaran shalat. Suatu waktu ustadzahnya (gurunya) pernah bertanya siapa yang di rumah sudah shalat? Sejak gurunya bertanya seperti itu, putri kecil kami menjadi lebih termotivasi mengerjakan shalat. Dia selalu bertanya tentang waktu yang maksudnya adalah sekarang masuk waktu shalat apa. Setiap kali kami bilang "Adik wudhu', maka ia dengan semangatnya masuk ke kamar mandi untuk berwudhu. 


Suatu waktu, di hari libur, mungkin karena siangnya belum tidur siang (biasanya di sekolah dikondisikan tidur siang), sore menjelang Maghrib dia tertidur dengan pulasnya. Karena terlihat sangat pulas tidurnya, kami tidak membangunkannya ketika masuk shalat Maghrib. 


Ketika waktu Isyak telah masuk, dia terbangun. Maka kami meminta dia untuk berwudhu. Ketika mau shalat, dia bertanya, "Papi, sekarang shalat Maghrib?". Saya jawab, "Sekarang shalat Isyak, ini sudah malam. Tadi adik tidur waktu shalat Maghrib". Mendengar jawaban papinya, dia membalas, "Papi kok gak bangunin adik?" sambil matanya meneteskan air mata mau menangis. Segera saya peluk putri kecil kami tersebut, dan berkata, "Ya, papi minta maaf. Lain kali papi bangunkan adik". Setelah mendengar perkataan papinya, barulah ia tenang dan tidak menangis lagi. 


Kami bersyukur sekali, putri kecil kami telah memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam mengerjakan shalat fardhu. Selain mengajarkan shalat fardhu, kami juga mengajari dia shalat sunnah rawatib. Misalnya, setelah shalat Maghrib, berdzikir (kami membelikannya tasbih sendiri), dan berdoa, dia sering bertanya, "Shalat berapa lagi?' Kami jawab, "Shalat Sunnah dua rakaat", maka ia pun mengerjakan shalat Sunnah bakda Maghrib sebanyak dua rakaat. 


Setelah selesai mengerjakan shalat sunnah bakda Maghrib, barulah kami semua membaca Al-Qur'an bersama-sama. Kami sengaja membelikan dia mushaf Al-Qur'an sendiri sehingga dia merasa memiliki Al-Qur'an sendiri. Dia menandai sendiri sampai ayat dan halaman berapa ia membaca Al-Qur'an. Ketika bersama-sama membaca Al-Qur'an, dia yang paling keras suaranya. Alhamdulillah ya Allah, putri kecil kami telah tumbuh menjadi anak yang shalihah. []


Gumpang Baru, 10 Desember 2023

Tidak ada komentar:

Postingan Populer