Powered By Blogger

Minggu, 10 Desember 2023

HASIL TES PSIKOLOGI ANAK


HASIL TES PSIKOLOGI ANAK

Oleh:

Agung Nugroho Catur Saputro



Beberapa waktu yang lalu sekolah putri kecil kami mengadakan tes psikologi untuk siswa. Tes psikologi tersebut dilakukan dengan bekerja sama dengan lembaga psikologi ANAVA. Tes psikologi tersebut dilakukan untuk mengetahui tingkat kesiapan siswa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu masuk Sekolah Dasar.

Dua Minggu kemudian hasil tes psikologi dibagikan. Orang tua mendapatkan undangan ke sekolah untuk mengambil hasil tes psikologi anak. Hasil tes psikologi putri kecil kami diambil oleh maminya. Sebenarnya saya juga ingin ikut datang ke sekolah untuk bertemu langsung dengan psikologinya untuk mengetahui perkembangan psikologi di kecil. Tetapi karena di hari pengambilan hasil tes psikologi kebetulan jadwal mengajar saya padat dari pagi sampai sore, maka saya mewakilkan istri untuk mengambilnya.

Hasil tes psikologi menunjukkan IQ putri kecil kami berada di angka 121 yang bermakna kategori cerdas. Terkait kepribadian, menunjukkan data kematangan motorik cukup baik, kemandirian cukup, penyesuaian diri cukup, dan kepercayaan diri juga cukup. Adapun terkait kesiapan sekolah diperoleh data kestabilan emosi agak rendah, konsentrasi cukup tinggi, tanggung jawab cukup, dan penalaran cukup tinggi.

Selain data-data kategorisasi tersebut di atas, hasil tes psikologi juga mendeskripsikan perkembangan si kecil. Di laporan tes psikologi dinyatakan bahwa putri kecil kami telah memiliki kesiapan sekolah didukung dengan kemampuan logika berpikirnya yang mulai berkembang. Namun, terkadang ia tampak ragu-ragu dalam mengambil sebuah keputusan sehingga tampak kurang cekatan. Ia juga telah memiliki kemampuan motorik tangan yang sudah mulai berkembang sehingga mampu menyelesaikan tugas keterampilan dengan kreativitasnya.

Membaca hasil tes psikologi putri kecil kami tersebut, kami cukup senang dan bersyukur karena putri kecil kami telah dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan mulai dapat melakukan tugas-tugas perkembangannya dengan baik. Data kemampuan pengendalian emosi putri kecil kami yang agak rendah perlu kami berikan perhatian lebih agar dia menjadi lebih mampu mengendalikan emosinya.

Tugas kami selanjutnya sebagai orang tua adalah terus mendorong dan mensupport dia agar mampu mengembangkan kompetensi dirinya semaksimal mungkin dengan tetap memberikan pendampingan dan keteladanan dalam bersikap agar perkembangan karakter yang baiknya terus berkembang. Semoga Allah SWT memudahkan dan meridhai ikhtiar baik kami untuk kebaikan dan kesuksesan putri kecil kami kelak ketika ia dewasa. Amin. []


Gumpang Baru, 11 Desember 2023

Tidak ada komentar:

Postingan Populer