Powered By Blogger

Jumat, 20 November 2020

RASIONAL DALAM MEMBAGIKAN INFORMASI

 

Sumber gambar : https://diskominfotik.bengkaliskab.go.id/web/cetakberita/9155

Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

 

Dewasa ini patut disyukuri munculnya fenomena di masyarakat semangat berbagi informasi dan semangat menebar kebaikan yang sangat tinggi. Di berbagai grup media sosial yang penulis ikuti, hampir setiap hari ada orang yang memosting artikel-artikel tulisan baik yang disertai tautan asal tulisan maupun tidak disertai.

 

Tetapi dari fenomena tersebut, ada yang sangat disayangkan yaitu banyak tulisan yang diposting bukan tulisan pemosting sendiri tetapi tulisan orang lain yang seringnya tanpa disertakan nama penulisnya, atau hanya berupa copy paste tautan berita online tanpa ada tambahan penjelasan dari orang yang memosting yang merupakan pandangan dia terhadap isi berita atau artikel yang dipostingnya. Kejadian seperti ini sering penulis jumpai di berbagai grup yang penulis ikuti. Mungkin menjadi kejadian yang umum terjadi di semua grup media sosial.

 

Terkadang penulis berpikir, apakah orang yang memosting berita itu sudah membaca isi beritanya atau belum? Apakah orang yang memosting berita itu sudah memahami betul isi dan maksud beritanya atau belum? Apakah orang yang memosting berita tersebut sudah memverifikasi kebenaran isi beritanya atau belum? Apakah orang yang memosting berita tersebut juga melakukan jaminan mutu terhadap keakuratan isi beritanya atau belum?

 

Mengapa penulis memikirkan pertanyaan-pertanyaan di atas? Karena terkadang penulis merasa geli dengan judul beritanya yang tampak tidak wajar dan masuk akal. Antara judul dan isi berita terkadang kurang nyambung. Dan artikel tulisan yang diposting di grup seringnya judulnya agak provokatif.

 

Pernah terjadi di salah satu grup yang penulis ikuti, ada anggota grup yang memosting suatu berita media online dimana judulnya agak provokatif dan tendensius menjelekkan salah satu partai (kejadiannya ketika itu masa-masa kampanye pemilu). Penulis pun mengeklik tautan berita online tersebut. Setelah penulis baca, penulis tidak menemukan sesuatu yang aneh atau janggal dengan isi beritanya. Tetapi yang aneh, redaksional beritanya tidak sesuai dengan isi berita. Redaksional judul beritanya terkesan mendiskreditkan partai tertentu, tetapi isi beritanya menurut penulis malah justru sebaliknya menunjukkan sangat berkualitasnya kinerja kader partai yang dimaksud.

 

Ketika penulis share di grup bagian dari kalimat isi berita yang dipermasalahkan dengan tujuan agar semua anggota membaca isi beritanya dan membandingkan dengan judul berita, penulis malah mendapat komentar yang kurang menyenangkan dari si pemosting berita.

 

Dari kejadian tersebut penulis menyimpulkan bahwa si pemosting kemungkinan tidak membaca isi berita, atau kurang memahami isi berita, atau tidak menganalisis isi berita sebelum di share di grup, atau mungkin juga ia memiliki maksud tertentu dengan sengaja meng-share berita tersebut dengan hanya membagikan judul berita yang agak provokatif dan tautan berita. Mungkin si pemosting tahu bahwa umumnya orang malas mengeklik tautan berita online sehingga maksudnya memprovokasi dapat tercapai. Entahlah mana yang benar. WaAllahu a'lam. []

 

 

Gumpang Baru, 20 November 2020

 

____________________________________

*) Agung Nugroho Catur Saputro, S.Pd.,M.Sc., ICT adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku non fiksi tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan lebih dari 30 judul buku, Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2, serta Trainer MindMap tersertifikasi ThinkBuzan iMindMap Leader dan Indomindmap Certified Trainer-ICT. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id. Tulisan-artikel penulis dapat dibaca di akun Facebook : Agung Nugroho Catur Saputro, website : https://sahabatpenakita.id dan blog : https://sharing-literasi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Postingan Populer