Powered By Blogger

Jumat, 13 November 2020

MENGABADIKAN MOMEN ULTAH KE-3 SI KECIL DENGAN BUKU

 


Oleh : 

Agung Nugroho Catur Saputro


Menandai sebuah momen dengan sesuatu yang berharga merupakan cara terbaik untuk mengingat momen tersebut. Untuk momen ultah putri kecil kami yang telah berusia 3 tahun, saya menandainya dengan menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Harmoni Kehidupan".


Buku ini sengaja saya terbitkan bertepatan dengan bulan kelahiran putri kecil kami dalam rangka merayakan momen ultahnya yang ke-3. Di dalam buku ini saya menyajikan tulisan beberapa bab yang menceritakan kisah kelahirannya dan beberapa aktivitasnya.

Di bab pertama buku ini saya memberi judul "Umur dan Misteri Kehidupan" yang menceritakan kisah bagaimana kami melakukan berbagai upaya selama 10 tahun untuk mendapatkan anak kedua hingga sebuah keajaiban diberikan Allah SWT kepada kami untuk menambah kebahagiaan dan rasa syukur kami sekeluarga.


Untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi buku ini, maka buku ini disusun secara sistematis dan dibagi ke dalam enam bagian. Bagian pertama membahas tentang mensyukuri nikmat waktu dan umur. Bagian pertama ini terdiri atas empat judul tulisan. Bagian kedua membahas tentang membuka pintu rezeki. Pada bagian kedua ini penulis memaparkan enam judul tulisan. Bagian ketiga membahas tentang menggapai hidup bahagia. Di bagian ini penulis mencoba memberikan gambaran-gambaran kehidupan yang bahagia dalam bentuk tujuh judul tulisan. Bagian keempat membahas tentang bagaimana menghadirkan kebahagiaan di rumah. Di sini penulis menjelaskan enam judul tulisan. Bagian kelima membahas tentang kenikmatan hidup  yang seimbang. Bagian kelima ini berisi tujuh judul tulisan. Dan bagian keenam membahas tentang bagaimana menjadi seorang pembelajar kehidupan. Di bagian terakhir dari buku ini penulis berusaha memberikan gambaran tentang bagaimana seharusnya seorang muslim itu menjalani kehidupannya. Juga tentang bagaimana seharusnya seorang muslim itu menjadi seorang pembelajar kehidupan yang ideal.

Penulis berharap semoga buku ini dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca tentang alternatif-alternatif menjalani kehidupan yang seimbang sehingga memperoleh kebahagian adalah sebuah keniscayaan. Kebahagiaan bukanlah bergantung pada apa yang kita miliki, tetapi bergantung pada bagaimana kita memaknai kehidupan ini. Kebahagiaan bukan datang dengan sendirinya, tetapi kebahagiaan harus kita ciptakan dalam kehidupan kita. Hidup seimbang dan bahagia adalah dambaan semua orang.

Akhirnya, penulis berharap semoga karya tulis sederhana ini bermanfaat dan menjadi catatan keabadian penulis serta menjadi amal jariyah penulis kelak di yaumil akhir. Hanya kepada Allah lah semata penulis berserah diri dan mengharap keridhaan-Nya. Amin. []


Gumpang Baru, 14 November 2020

_______________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku non fiksi tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan lebih dari 30 judul buku,  Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2, serta Trainer MindMap bersertifikat ThinkBuzan iMindMap Leader dan Indomindmap Certified Trainer (ICT). Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Postingan Populer