Powered By Blogger

Rabu, 11 November 2020

MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN SKILL BERSAMA PAKAR MINDMAP



Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

Minggu kemarin selama tiga hari berturut-turut, saya bersama 18 orang yang beragam profesi dan berasal dari berbagai provinsi dan negara mengikuti TOT Certification of iMindMap Leader dan Indomindmap Certified Trainer. Peserta TOT sertifikasi ada yang berprofesi sebagai ASN, guru, kepala sekolah, dosen, trainer-coach, widyaiswara, dll yang berasal dari Indonesia, Arab Saudi, Singapura, Thailand, dan Filpina. 

TOT Certification of iMindMap Leader tersebut diselenggarakan oleh Indomindmap MindMap Center Indonesia dengan narasumber bapak Ir. Drs. Djohan Yoga, M.Sc., MoT, Ph.D dari Singapura. Beliau adalah seorang master trainer international Certified iMindMapTrainer for Asia yang disertifikasi langsung oleh Prof Tony Buzan dari UK selaku penemu MindMap dan pemegang hak cipta ThinkBuzan iMindMap. Saya senang sekali bisa berkesempatan mengikuti proses sertifikasi tersebut dan mendapatkan teman baru dan pengalaman baru. Banyak ilmu baru yang saya peroleh dari acara TOT sertifikasi trainer tersebut.

 



TOT sertifikasi Certification of iMindMap Leader dan Indomindmap Certified Trainer-ICT melalui aplikasi Zoom tersebut merupakan yang pertama kali diselenggarakan secara daring sejak pandemi Covid. Pandemi Covid-19 mendatangkan keberuntungan tersendiri bagi saya sehingga dapat mengikuti TOT sertifikasi trainer internasional secara daring dan dengan biaya cukup terjangkau.

Menurut keterangan narasumber, di luar negeri biaya TOT Certification of iMindMap Leader bisa mencapai 30 juta rupiah. Biaya yang sangat mahal untuk ukuran saya pribadi dan mungkin juga untuk dosen-dosen di Indonesia. Tetapi karena pandemi Covid-19, maka sertifikasi dilakukan secara daring dengan biaya cukup murah. Saya beruntung mendapat undangan untuk mengikuti sertifikasi tersebut karena informasi penyelenggaraan sertifikasi tidak dipublish secara luas di media sosial.

TOT Certification of iMindMap Leader tersebut merupakan kelanjutan dari workshop-workshop international tentang MindMap yang pernah saya ikuti selama pandemi Covid-19. Sebelumnya saya mengikuti workshop internasional MindMap Based Learning, kemudian kedua Workshop international Speed Reading dan Super Memory, dan yang ketiga workshop international Digital MindMap. Sehingga pelatihan TOT Certification of iMindMap Leader yang saya ikuti minggu kemarin merupakan langkah lanjutan saya untuk melengkapi kompetensi dan skill saya di bidang MindMaping.




Selesai TOT Certification iMindMap Leader, peserta tetap tergabung dalam grup WhatsApp. Di grup alumni TOT Certification of iMindMap Leader tersebut, pak Djohan tetap menjalin komunikasi dengan peserta yang telah resmi menjadi trainer MindMap terakreditasi Certified iMindMap Leader dan Indomindmap Certified Trainer-ICT.

Hal yang sangat menggembirakan saya pasca mengikuti TOT adalah ketika di grup alumni TOT tersebut, pak Djohan Yoga mengajak saya untuk suatu saat dapat berkolaborasi menulis buku bersama tentang MindMap. Saya pun menyambut gembira tawaran beliau tersebut. Bagi saya, merupakan sebuah kehormatan dan keberuntungan bila suatu saat nanti dapat berkolaborasi dalam satu buku dengan seorang International Master Trainer iMindMap.

Saya mengenal pak Djohan Yoga awalnya karena penasaran dengan postingan Facebook dosen promotor disertasi S3 saya yang sering membagikan postingan beliau tentang Critical Thinking,  Creativity dan MindMap. Akhirnya saya meng-add  beliau sebagai teman FB. Ternyata beliau mengkonfirmasi pertemanan saya dan ketika saya menyapa beliau juga membalas dengan ramah.

Sejak pertemanan di sosial media tersebut, saya selalu mengikuti postingan FB beliau dan begitu pula beliau mengikuti postingan FB saya. Beberapa kali beliau sempat memberikan komentar apreasiasi terhadap postingan saya tentang penulisan buku. Dari sinilah beliau mengenal saya sebagai dosen dan penulis buku. Saya merasa beruntung bisa mengenal beliau, orang besar yang baik dan ramah serta suka mengapresiasi prestasi orang lain.

 

Gumpang Baru, 12 November 2020

 

____________________________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku non fiksi tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan lebih dari 30 judul buku,  Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2, serta Trainer MindMap bersertifikat ThinkBuzan iMindMap Leader dan Indomindmap Certified Trainer (ICT). Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id. 

Tidak ada komentar:

Postingan Populer