Powered By Blogger

Senin, 09 November 2020

KEJUTAN MEMBAHAGIAKAN DARI SANG INSPIRATOR LITERASI

 


Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

 

Hari ini saya tidak pernah menyangka akan mendapatkan kabar menggembirakan. Sebuah pesan WhatsApp masuk ke handphone saya dari pak Dr.Ngainun Naim, Ketua LP2M IAIN Tulungagung yang juga motivator dan inspirator saya dalam menulis. Dua buah pesan dari bapak Dr. Ngainun Naim tersebut berupa foto cover buku dan daftar isi buku.

Foto cover buku pak Dr. Ngainun Naim yang dikirimkan ke saya berjudul "Literasi Diri". Foto kedua berupa daftar isi buku yang ternyata judul artikel nomor urutan kedua adalah judul artikel yang pernah saya tulis untuk memenuhi undangan menulis dari pak Dr. Ngainun Naim. Artikel tersebut saya tulis sudah cukup lama, sekitar tiga tahun yang lalu saat awal-awal saya mengenal pak Dr. Ngainun Naim. Waktu itu saya tercatat sebagai peserta training menulis buku ajar yang dibimbing oleh Dr. Ngainun Naim sebagai narasumbernya. Dari training penulisan buku ajar tersebut saya mulai dan semakin mengenal Dr. Ngainun Naim dan lanjut berinteraksi melalui media sosial dan komunitas literasi.




Tidak berapa lama, kembali masuk dua pesan WA dari nomornya pak Dr. Ngainun Naim. Ternyata isi pesannya juga sama dengan pesan sebelumnya, yaitu foto cover buku dan daftar isi buku. Buku kedua ini berjudul "Mendulang Literasi di Kampus Dakwah dan Peradaban". Buku kedua ini merupakan kumpulan tulisan peserta Seminar Literasi dan Kopdar 2 SPK di IAIN Tulungagung tahun 2019. Waktu itu kebetulan saya diundang oleh pak Dr. Ngainun Naim selaku ketua panitia seminar untuk ikut menghadiri acara seminar literasi di kampus IAIN Tulungagung yang diselenggarakan oleh grup literasi Sahabat Pena Kita (SPK).




Dari mengikuti seminar literasi di kampus Dakwah dan Peradaban tersebut, saya akhirnya bisa berjumpa secara langsung dengan sang inspirator menulis saya. Juga dari acara seminar literasi tersebut saya bisa mengenal grup literasi Sahabat Pena Kita (SPK) yang akhirnya menjadi jalan saya bergabung menjadi anggota. Saya bergabung menjadi anggota grup SPK melalui proses seleksi yang ketat yang melibatkan tim juri yang terdiri atas para penulis profesional yang menilai artikel tulisan calon anggota.

Kabar terbitnya dua buku tersebut merupakan kabar membahagiakan bagi saya. Terbitnya dua tulisan saya di kedua buku tersebut telah menambah panjang rekam jejak kepenulisan saya. Terima kasih pak Dr. Ngainun Naim untuk kabar gembiranya. Semoga panjenengan selalu diberikan kesehatan yang prima sehingga dapat beraktivitas dengan baik dan terus menginspirasi orang lain untuk menulis. Amin.

 

Gumpang Baru, 9 November 2020

 

____________________________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan 30 judul buku, Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id.

Tidak ada komentar:

Postingan Populer