Powered By Blogger

Jumat, 16 Oktober 2020

PENTINGNYA KERJASAMA DALAM KELUARGA




Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

 

Keluarga terbentuk karena adanya ikatan berbasis cinta yang mempersatukan dua insan bervisi sama untuk membangun sebuah keluarga. Dalam keluarga tidak ada yang namanya visi-misi suami ataupun visi-misi istri. Dalam keluarga tidak dikenal namanya tujuan suami maupun tujuan istri. Dalam keluarga yang ada adalah visi-misi dan tujuan keluarga yang  merupakan perpaduan dan peleburan dari visi-misi dan tujuan dari suami dan istri. Jadi dalam sebuah keluarga hendaknya tidak ada lagi egoisme individual suami maupun istri. Semuanya harus menyatu membentuk satu visi-misi dan tujuan bersama.

            Keluarga dapat dianalogikan sebagai sebuah bahtera atau kapal yang sedang mengarungi samudera kehidupan. Dalam perjalanan mengarungi samudera kehidupan, terkadang akan menghadapi ombak dan badai yang dapat mengancam keutuhan keluarga. Maka dalam proses mengarungi samudera kehidupan yang penuh tantangan dan godaan tersebut, diperlukan kerjasama yang solid antar awak kapal yakni anggota keluarga. Setiap anggota keluarga harus memainkan peran masing-masing yang mendukung tercapainya tujuan keluarga. Setiap anggota keluarga harus menjalankan tugas dan kewajiban masing-masing sesuai tupoksinya tanpa ada rasa iri dan keterpaksaan terhadap anggota keluarga yang lain.

            Demikianlah skenario jalannya bahtera keluarga yang sedang saya jalankan. Saya dan istri mencoba belajar berbagi tugas dan kewajiban dalam mengatur jalannya keluarga. Demikian pula anak kita coba libatkan dalam peran menjalankan bahtera keluarga agar jalannya bahtera keluarga bisa lancar dan sampai ke tujuan dengan selamat.

            Seperti sekarang ini. Istri memiliki keinginan untuk membuat akun channel Youtube yang akan dipergunakan untuk mengaktualisasikan keterampilannya dalam menjalankan peran ibu rumah tangga yaitu memasak. Saya memang suka dengan menu masakan istri. Makanya saya lebih suka makan di rumah. Kalaupun kami sekeluarga makan di luar semata-mata sekadar untuk  sarana mencari suasana lain dan mengisi memori kebersamaan keluarga. Karena anak lanang yang menguasai keterampilan editing video (anak lanang sudah terlebih dahulu memiliki akun channel Youtube), maka istri bekerjasama dengan anak lanang dalam proses pembuatan video. Istri yang menjadi model video sedangkan anak lanang yang merekam dan mengedit video hingga jadi dan siap diupload di akun channel Youtube yang dibuat oleh anak lanang. Lalu, dimana peran saya selaku suami dan ayah? Peran saya adalah mendukung keinginan istri dan memberikan dorongan semangat ke anak lanang agar mau membantu maminya dalam membuat video-video. Saya terkadang juga memberikan saran-saran dalam proses editing video agar video yang dihasilkan menjadi lebih baik,

            Channel Youtube istri saya adalah “Mommy Ifah Channel”. Wujud dukungan saya selaku suami kepada istri adalah ikut mempromosikan channel Youtube istri. Oleh karena itu, kepada bapak ibu sahabat pembaca yang budiman, mohon dukungan dan bantuanya untuk menonton video di akun Youtube “Mommy Ifah Channel” dengan meng-klik link https://youtu.be/HDzpYVZVuaQ. Mohon juga partisipasinya untuk memberikan like, komen dan subscribe. Bantuan bapak ibu sahabat pembaca yang budiman dapat menjadi motivasi dan penyemangat bagi istri saya untuk lebih semangat lagi dalam membuat video-video yang bermanfaat. Semoga partisipasi dan kebaikan bapak ibu sahabat pembaca dalam memberikan dukungan ke akun channel Youtube istri saya dapat menjadi kebaikan jariyah bagi bapak ibu semua. Amin. Salam sehat dan bahagia selalu..[]

 

Gumpang Baru, 16 Oktober 2020 

Tidak ada komentar:

Postingan Populer