Powered By Blogger

Senin, 26 Oktober 2020

MENULIS SEBAGAI SARANA PERSONAL BRANDING

Sumber gambar : https://mariakristisworld.blogspot.com/2018/01/brand-yourself-up-personal-branding.html

Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

Kemajuan teknologi internet di era sekarang ini telah banyak memberikan manfaat ke banyak orang melalui kemudahan mengakses informasi. Dengan teknologi digital, sekarang orang cukup menggunakan gadgetnya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, keberadaan media informasi online menjadi sangat penting. Dan memiliki media online tersebut menjadi sebuah kebutuhan bagi orang yang ingin eksis dan dikenal di dunia digital ini.

Blog dan website merupakan salah satu media informasi digital yang sangat potensial untuk menyebarkan informasi kepada para pengguna gadget. Dengan kemudahan diakses dan diindeks oleh mesin pencari (search engine), maka pengguna gadget dimudahkan untuk mencari dan menemukan informasi yang dibutuhkan. Cukup dengan mengetikkan atau mengucapkan kata kunci informasi yang diinginkan, maka mesin pencari seperti google yang akan bekerja mencarikan informasi yang dicari dengan menampilkan semua situs (blog, website, YouTube, dll) di beranda pencarian.

Orang zaman sekarang begitu dimanjakan oleh teknologi search engine ini. Di sinilah pentingnya kita bersyukur hidup di zaman yang serba modern ini. Kita sangat dimanjakan dan dilayani dengan sangat baik dan super cepat oleh teknologi digital ini. Oleh karena itu, anjuran agar kita tidak hanya menjadi pengguna tetapi lebih lanjut menjadi penyumbang informasi melalui kepemilikan media online adalah perlu ditindaklanjuti. Memiliki blog, website, channel YouTube, dll merupakan pilihan yang tepat di era serba digital ini.

Demikian pula yang saat ini saya jalani. Setelah aktif menggunakan media sosial Facebook, sekarang saya mulai membuat blog dan aktif menulis di blog. Memang baru beberapa bulan ini saya membuat blog pribadi. Saya belajar membuat blog secara mandiri dengan mengikuti langkah-langkah pembuatan blog yang saya peroleh melalui pencarian di google. Atas kebaikan para penulis blog, akhirnya saya dapat membuat sendiri blog saya. Blog saya beralamat di https://sharing-literasi.blogspot.com.


Blog tersebut saya buat sesuai keinginan dan style saya agar dapat menggambarkan "aku banget". Maka di dalam blog ini saya cantumkan semua capaian prestasi yang sudah saya raih, khususnya terkait literasi menulis. Artikel-artikel yang saya posting di blog ini adalah artikel tulisan saya sendiri yang merepresentasikan pemikiran dan pandangan saya terhadap berbagai topik masalah. Blog ini adalah blog pribadi saya dan merupakan media saya mempromosikan siapakah saya. Blog ini merupakan personalisasi saya media personal branding saya. Menurut saya, setiap orang harus mampu membranding diri. Dengan memiliki media untuk mempromosikan diri dan kompetensi yang dimilikinya, maka orang lain dapat mengenal siapa kita dan bagaimana karakter kita cukup dari membaca atau mengakses akun media sosial kita.

Saya sudah mencoba mengetikkan nama saya di google. Ternyata semua artikel tulisan saya baik di jurnal ilmiah maupun blog, tulisan orang lain yang menyebut nama saya, dan buku-buku yang pernah saya tulis muncul di mesin pencari. Alhamdulillah ternyata saya sudah lumayan meninggalkan jejak di dunia Maya. Dan ternyata yang paling banyak informasi yang ditampilkan google tentang saya adalah seputar aktivitas kepenulisan.







Alhamdulillah pelan-pelan brand tentang saya mulai terbentuk. Terbukti di mesin pencari google, nama saya sudah eksis dan dapat diakses orang lain. Jika ada orang yang ingin tahu tentang saya, maka orang tersebut dapat mencari tahu siapa saya cukup dari internet. Semoga jejak digital yang saya tinggalkan di dunia maya dapat menjadi sarana saya untuk mengabadikan diri. Amin. []

 

Gumpang Baru, 26 Oktober 2020

 ____________________________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan 30 judul buku, Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id. 

Tidak ada komentar:

Postingan Populer