Powered By Blogger

Jumat, 09 Oktober 2020

DI ATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT : Kisah Perjalananku Menaiki Tangga-tangga Keilmuan di Studi Doktoral (Part-2)

Sumber gambar : https://worldscholarshipforum.com/jw/Kategori/phd-beasiswa/


Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro


B. Belajar Filosofi “Mengubah Ketidaknyamanan menjadi Nyaman” di Acara PKKMB

Sebagai mahasiswa baru di Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) saya mengikuti kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru, istilah sekarang untuk menggantikan istilah OSPEK atau OSMARU zaman dulu). Di acara PKKMB ini, mahasiswa baru mendapat paparan materi dari beberapa narasumber terkait kehidupan kampus.

Salah satu materi yang disampaikan adalah layanan teknologi informasi di UNY. Narasumber yang dihadirkan untuk sesi ini adalah Ketua Puskom UNY. Di awal memberikan materinya, narasumber menyampaikan bahwa filosofi Puskom UNY dalam mengembangkan teknologi informasi adalah "Mengubah Ketidaknyamanan Menjadi Nyaman". Filosofi "mengubah ketidaknyamanan menjadi nyaman" adalah sebuah pemikiran yang simple tapi dalam maknanya. Filosofi ini mengajarkan mahasiswa arti sebuah usaha dan tekat untuk senantiasa melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas. Implementasi dari filosofi ini adalah spirit continuous improvement.

Filosofi "mengubah ketidaknyaman menjadi nyaman" juga mengajarkan mahasiswa tentang arti sebuah kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan itu terkadang harus dimulai dari ketidaknyamanan. Ketidaknyamanan di sini harus dipandang bukan sebagai hambatan untuk mencapai kesuksesan, tetapi justru sebaliknya harus dipandang sebagai sebuah tantangan apakah kita mampu merubah kondisi tersebut menjadi lebih baik lagi.

Implementasi filosofi "mengubah ketidaknyamanan menjadi nyaman" bagi mahasiswa adalah agar mahasiswa mampu memanfaatkan segala fasilitas kampus (walau mungkin ada yang kurang ideal) untuk mendukung kesuksesan studinya. Mahasiswa harus mampu mengelola ketidaknyamanan tersebut menjadi nyaman untuk belajar. Mahasiswa harus terbiasa bersahabat dengan ketidaknyamanan untuk meraih kesuksesannya dalam studi.

            Sebagai penutup dari tulisan singkat ini, saya sampaikan sebuah kalimat untuk memotivasi diri saya sendiri khususnya yaitu "Di balik ketidaknyamanan selalu tersimpan peluang mencapai kesuksesan". []


____________________________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan 30 judul buku, Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id.


Tidak ada komentar:

Postingan Populer