Powered By Blogger

Senin, 05 Oktober 2020

TAMU DAN KEBAHAGIAAN SEORANG PENULIS

 


Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

Beberapa hari yang lalu saya kedatangan tamu, seorang pemikir dan penulis buku filsafat. Dia dulunya adalah mahasiswa saya. Saya mengenal dan mengetahui bakatnya ketika mengajar di kelas di tahun kedua masa studinya. Sekarang dia telah menyelesaikan masa studinya yang tinggal menunggu wisuda. Selain itu, menurut pandangan saya pribadi, dia juga telah menyelesaikan waktu pengembaraannya berkelana mengenali dirinya sendiri dan menemukan potensi diri dan bakat minatnya yang selama masih terpendam, menjadi misteri dalam perjalanan kehidupannya.

Momen yang sangat saya ingat tentang dia adalah ketika dalam perkuliahan saya menyajikan sebuah data eksperimen, saya meminta seluruh mahasiswa peserta kuliah untuk menganalisis data tersebut dan menyimpulkannya. Setelah saya menunggu beberapa saat, tidak ada satupun mahasiswa yang menyampaikan pendapatnya. Ketika saya tanya mengapa tidak ada yang berpendapat, jawaban mayoritas mahasiswa adalah mereka bingung dengan data tersebut mau diapakan. Tetapi kemudian hati saya senang sekali ketika ada seorang mahasiswa yang mengacung jari dan menyampaikan analisisnya yang ternyata tepat seperti yang saya kehendaki. Dan mahasiswa tersebut adalah yang sekarang bertamu ke rumah saya.

Mahasiswa saya tersebut datang menemui saya bukan untuk berkonsultasi sebagaimana kedatangannya sebelumnya. Tetapi sekarang dia datang kembali bersilaturahmi menemui saya dengan tujuan khusus, yaitu menghaturkan dan mempersembahkan sebuah buku hasil pemikiran dan perenungannya selama ini. Dia khusus datang untuk menyerahkan buku solo perdananya. Buku karya tulisnya yang katanya dia tulis karena terinspirasi oleh keaktifan saya (dosennya) yang aktif menulis buku.

Oh ya, sebelum saya menceritakan tentang bukunya, saya sampaikan bahwa dia adalah salah satu anggota grup WA "Dosen & Mahasiswa Menulis" yang saya gagas dua tahun yang lalu. Dia adalah mahasiswa saya dan anggota grup kedua yang berhasil menerbitkan bukunya. Dan buku perdananya tersebut menurut saya bukan buku sembarangan dan buku biasa. Buku yang dia tulis tersebut merupakan buku yang berisi bacaan cukup berat (mungkin bagi beberapa orang) karena isinya tentang pemikiran dan perenungan dia terhadap masalah berkaitan spiritualitas.

Buku yang ditulisnya diberi judul "Berhenti Sebentar dan Merenung". Sebuah judul buku yang mengisyaratkan kedalaman isinya. Buku tersebut berisi empat bagian. Bagian pertama dan kedua membahas tentang Tuhan dan ketuhanan. Sedangkan bagian ketiga dan keempat membahas tentang ujian kehidupan dan bagaimana mensikapi ujian hidup.

Karena menurut saya buku ini bagus dan menarik untuk dikaji untuk memperkaya khazanah pemikiran, maka beberapa hari ini buku tersebut saya pergunakan sebagai materi kajian rutin di keluarga saya. Di keluarga, saya mentradisikan mengadakan kajian rutin setiap bakda maghrib (setelah sholat Maghrib dan membaca Al Qur'an) untuk istri dan anak agar mereka memiliki ilmu dan pemahaman yang mencukupi. Selama ini saya menggunakan berbagai buku referensi sebagai materi kajian, baik itu buku-buku ataupun kitab agama Islam maupun buku-buku umum tentang pengembangan diri. Dan sekarang saya menggunakan buku karya mahasiswa tersebut sebagai bahan kajian untuk saya sampaikan ke keluarga saya dan sekalian membedah isi bukunya tersebut.

Mahasiswa saya tersebut dalam buku karya perdananya menggunakan nama pena Ilhamsyah Putra. Selamat mas Marwan untuk buku solo perdananya yang luar biasa. Sebuah buku perdana yang seolah-olah ditulis bukan seorang penulis pemula tapi seorang penulis yang memiliki jam terbang tinggi dalam berkarya. Mungkin kesan saya tersebut beralasan karena sesuai perkataan anda kemarin saat kita asyik berdiskusi bahwa isi buku tersebut berisi pemikiran dan perenungan sejak anda menjadi siswa SMA dan lanjut menjadi mahasiswa. Karena berasal dari hasil perenungan yang lama dan mendalam, maka kesan bahwa buku tersebut hasil dari penulis berpengalaman adalah wajar.

Terima kasih atas kunjungan silaturahmi, persembahan bukunya dan diskusi hangatnya. Saya bangga dan bahagia dengan capaian prestasi anda. Harapan saya semoga anda tidak berhenti berkarya pada buku perdana tersebut, tetapi terus berkarya dan mengukirkan banyak karya buku sebagai rekam jejak eksistensi anda.

Dan sebagai penutup tulisan ini, saya berdoa semoga Allah SWT meridhoi dan mengabulkan doa dan harapan anda di masa sekarang dan di masa depan. Sekali lagi, selamat, sukses dan bahagia selalu. Amin. []

 

NB : Tidak lupa dalam kunjungan silaturahmi tersebut, kami melakukan tradisi salam literasi sesama penulis yaitu saling menghadiahkan buku karya sendiri.

 

____________________________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan 30 judul buku, Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id.

 

Tidak ada komentar:

Postingan Populer