Powered By Blogger

Jumat, 09 Oktober 2020

INDAHNYA SALAM LITERASI : Cara Unik "Membesarkan" Sahabat Literasi dengan Mengenalkan Buku-buku Karyanya



Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro



"Persahabatan yang dibangun berlandaskan spirit saling mendukung dan membesarkan satu sama lain insyaAllah akan membawa manfaat dan keberkahan", demikian chat WA yang baru saja saya kirimkan kepada sahabat saya sang penulis Buku Birokrat Menulis, bapak Adrinal Tanjung. Pernyataan tersebut saya sampaikan ke beliau setelah beliau mengirimkan foto-foto buku saya yang kemarin saya hadiahkan ke beliau saat pertemuan di Solo.

Dalam foto-foto yang beliau kirimkan ke saya, terlihat beliau berfoto sambil memegang buku-buku saya dengan background gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura. Dengan senyuman khas Adrinal Tanjung, beliau memberikan caption untuk foto-foto tersebut, "Buku Mas Agung saya bawa ke Singapura".

Siapa yang tidak merasa senang dan bangga ketika melihat sahabatnya sangat mengapresiasi hadiah buku yang pernah diberikan? Demikianlah yang saya rasakan ketika melihat foto-foto buku saya bersama sahabat saya tersebug di depan gedung KBRI Singapura. Saya sangat bangga memiliki sahabat yang begitu menghargai dan mengapresiasi buku-buku karya saya dengan selalu membawanya ke mana-mana, bahkan ketika beliau sedang menjalankan tugas kedinasan ke luar negeri.

Sebuah persahabatan yang sangat indah telah terjalin antara kami berdua, persahabatan yang diikat oleh jiwa literasi dengan badan fisik berupa BUKU. Ya, buku telah mempertemukan kami dalam jalinan persahabatan yang indah. Buku telah mempersatukan kami dalam semangat "saling membesarkan satu sama lain" (mengutip pernyataan bapak Adrinal Tanjung yang dikirimkan ke saya).

Saya sangat setuju dengan pernyataan bapak Adrinal Tanjung bahwa dalam persahabatan harus bisa "saling membesarkan (sahabatnya) satu sama lain". Persahabatan yang dibangun dengan spirit saling mendukung dan membesarkan satu sama lain saya yakini insyaAllah akan mampu membawa manfaat dan keberkahan.

Terima kasih pak Adrinal Tanjung atas apresiasi dan penghargaannya untuk saya dengan mengenalkan buku saya "Ketika Menulis Menjadi Sebuah Klangenan" dan buku antologi "Dosen Menulis" sampai ke negeri orang. Semoga apa yang bapak lakukan untuk sahabatmu ini akan membawa dampak positif dan semakin mempererat persahabatan kita. Semoga kita nanti akan mampu menghasilkan karya-karya besar yang dapat memberikan manfaat dan membesarkan bangsa Indonesia. Selamat berkarya sahabatku, sukses selalu Birokrat Menulis! []

 

____________________________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan 30 judul buku, Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id.

  

Tidak ada komentar:

Postingan Populer