Powered By Blogger

Rabu, 30 September 2020

MENULIS SEBAGAI CAPAIAN KINERJA DOSEN

 


Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

Karier saya sebagai penulis buku mungkin bisa dikatakan diawali tahun 2004 ketika saya menulis buku berbentuk LKS. Kemudian lanjut ke menerbitkan buku pelajaran Kimia untuk siswa SMA tahun 2007. Tahun 2008 saya menerbitkan buku pelajaran kimia untuk siswa MA yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI (Dulu masih bernama Departemen Agama). Dan akhirnya saya menerbitkan buku ajar untuk perguruan tinggi pada tahun 2013. Kisah perjalanan karier kepenulisan saya tersebut secara lengkap telah saya terbitkan dalam salah satu bab buku Kita Menulis, Merdeka Menulis yang diterbitkan oleh Penerbit Yayasan Kita Menulis tahun 2020.

Walaupun sudah beberapa kali menulis dan menerbitkan buku, bagi saya waktu itu menulis belum lah menjadi aktivitas rutin dan menjadi semacam hobi atau kesenangan. Saya belum merasakan nikmatnya menulis. Saya belum menemukan keasyikan ketika menulis. Dan saya juga belum merasakan kepuasan batin saat menulis. Ya, semua itu karena waktu itu menulis bagi saya masih sebatas untuk mendapatkan keuntungan finansial, sehingga menulisnya karena memang dipaksa.

            Sejak tahun 2017 saya mulai secara disiplin dan berkomitmen untuk menekuni aktivitas menulis. Setiap hari saya mencoba untuk membiasakan diri untuk menulis yang kemudian saya posting di akun media social. Tujuan saya menulis setiap hari adalah untuk menyiapkan naskah buku. Jadi tulisan saya yang saya posting di media social selama ini sebenarnya adalah bahan untuk menjadi buku nantinya. Setiap tulisan saya berikan kategori atau tema sebagai langkah awal nantinya ketika mau disusun menjadi sebuah buku. Misalnya tema-tema yang saya buat antara lain Kimia Kehidupan, Muhasabah, Renungan Kehidupan, Catatan Menulisku, Catatan Kehidupan, Klangenan, dan lain-lain. Dari strategi seperti ini, Alhamdulillah saya telah memetik manfaatnya.

            Melalui strategi “nyicil” menulis setiap hari dengan tema bebas sesuai keinginan hati, maka Alhamdulillah setiap tahun selama tiga tahun terakhir ini saya dapat menerbitkan buku solo minimal dua judul. Keuntungan lain dari aktivitas menulis rutin setiap hari ini, setiap tahun saya dapat “nyicil” bahan naskah buku untuk diterbitkan tahun berikutnya. Seperti tahun 2020 ini, saya telah menerbitkan buku mandiri sebanyak 3 judul. Selain itu dalam waktu dekat ini saya sedang menyiapkan finishing naskah buku ke empat yang akan saya diterbitkan tahun ini juga. Untuk penerbitan buku tahun 2021, saya telah menyiapkan dua bahan naskah buku. Seperti inilah strategi yang saya lakukan agar setiap tahun dapat menerbitkan buku mandiri minimal dua judul plus beberapa buku antologi karya penulis di grup literasi Sahabat Pena Kita (SPK).

            Terkait keaktifan saya menulis rutin setiap hari dan menerbitkan buku setiap tahunnya, awalnya saya niatkan untuk kepuasan diri sendiri. Awalnya saya menulis bukan untuk menyiapkan berkas kenaikan pangkat, saya tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Makanya tema tulisan saya ada yang sama sekali tidak berkaitan dengan bidang keahlian saya yaitu kimia dan pendidikan. Tetapi di suatu waktu ketika saya mengetahui adanya komponen penilaian kinerja dosen dari unsur penulisan buku, maka saya pun mencoba mengusulkan buku-buku yang telah terbit ke sistem kinerja dosen di kampus saya. Waktu itu saya hanya mencoba-coba saja, siapa tahu dapat diterima sebagai capaian kinerja dosen. Kalaupun tidak diterima, khususnya buku-buku yang judulnya sama sekali tidak berkaitan dengan bidang kompetensi saya, saya akan menerima dengan ikhlas karena semula memang saya tidak berniat menulis buku untuk syarat penilaian kinerja dosen maupun syarat kenaikan pangkat. Saya pun tidak terlalu berharap besar akan diterimanya karya-karya buku saya tersebut sebagai capaian kinerja dosen.

            Beberapa waktu kemudian, ketika saya mengecek di laman sistem kinerja dosen, saya kaget karena ternyata buku-buku saya diterima sebagai capaian kinerja dosen. Saya sama sekali tidak menyangka kalau buku-buku saya yang selama ini saya tulis dapat diterima pihak kampus sebagai capaian kinerja dosen. Apalagi setelah suatu waktu saya menerima transferan dana masuk ke rekening yang lumayan besar, saya kaget dan hampir tidak percaya. Saya tidak menyangka kalau kampus akan menghargai buku-buku karya saya dengan cukup besar, jauh di atas perkiraan saya. Saya benar-benar tidak menyangka dengan rezeki ini dan bersyukur kepada Allah swt atas jalan rezeki yang ditunjukkan kepada saya.

            Beberapa waktu yang lalu, saya iseng-iseng membuka profil dosen di website program studi yang ternyata datanya diambilkan dari website LPPM kampus. Setelah saya lihat profil saya, Alhamdulillah indeks personal peneliti saya lumayan tinggi. Setelah saya amati dan cermati, saya berkesimpulan kalau skor indeks peneliti saya cukup tinggi karena berasal dari kinerja penulisan buku.  Data dari tahun 2014 hingga sekarang tercatat oleh sistem bahwa saya memiliki kinerja penulisan buku sebanyak 13 judul.

            Dari kejadian-kejadian ini, saya menyimpulkan bahwa aktivitas yang saya tekuni saat ini yaitu menulis dan menerbitkan buku sangat mendukung kinerja saya selaku dosen. Aktivitas menulis yang semula saya niatkan untuk sekadar memuaskan hobi ternyata mampu mendukung kompetensi profesi saya. Dari sini saya belajar ilmu kehidupan bahwa hendaknya kita berkarya saja, jangan mikirkan nanti ada manfaatnya atau tidak, nanti mendatangkan keuntungan atau tidak. Karena jika kita melakukan aktivitas disebabkan orientasi mendapat keuntungan semata, maka kita tidak akan secara alami menjalani aktivitas tersebut. Kita akan memaksakan diri untuk menjalankan aktivitas tersebut dan tidak akan merasakan kebahagiaan. Berbeda jika kita melakukan aktivitas tersebut karena hobi atau klangenan, maka entah nanti ada keuntungan atau tidak, kita tetap merasakan kepuasan dan kebahagiaan serta menikmati hobi tersebut. Jika di kemudian hari ternyata aktivitas kita tersebut mendatangkan keuntungan finansial, maka itu sebuah berkah rezeki dari Allah Swt. []

 

Gumpang Baru, 30 September 2020

 ____________________________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan lebih dari 30 judul buku, Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id.

Tidak ada komentar:

Postingan Populer