Powered By Blogger

Sabtu, 26 September 2020

MEMBUAT BLOG UNTUK SARANA DISEMINASI PEMIKIRAN

Tampilan blog https://sharing-literasi.blogspot.com

Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

 

Beberapa bulan yang lalu saya mulai membuat akun blog untuk menuangkan tulisan-tulisan pemikiran dan gagasan saya. Selama ini saya hanya menggunakan media sosial Facebook untuk menuangkan ide gagasan dan pemikiran saya dalam bentuk tulisan. Sekarang, saya rasa selain akun media sosial Facebook, sudah saatnya saya juga mendiseminasikan ide, gagasan, dan pemikiran saya ke dalam sebuah blog. Kelebihan media sosial Blog dibanding Facebook adalah jangkauan pembacanya lebih luas.

Mungkin langkah yang sekarang saya ambil untuk mulai aktif menjadi blogger boleh dikatakan terlambat. Mungkin ada yang bertanya, mengapa tidak sejak dulu saya menjadi bloggernya? Mengapa tidak membuat blog ketika awal-awal sedang trendnya blog? Dulu kampus beberapa kali mengadakan pelatihan pembuatan blog dan bahkan ada edaran pimpinan agar semua dosen memiliki blog.

Waktu itu saya belum begitu tertarik membuat blog bukan karena tidak suka, tetapi karena bingung nanti blog-nya mau diisi apa. Waktu itu saya belum aktif menulis seperti sekarang ini. Dulu saya tidak mau membuat blog hanya karena ikut-ikutan trend agar keren. Bagi saya, dulu blog belum begitu penting karena saya belum punya banyak materi yang akan diisikan ke dalam blog. Ibaratnya kalau belum punya banyak barang atau perabot rumah, maka kebutuhan buat rumah belum terlalu urgen.

Sedangkan kondisi sekarang sudah berbeda. Saya sudah memiliki banyak materi tulisan dan tulisan-tulisan yang nantinya akan saya hasilkan. Maka sepertinya sudah waktunya saya memiliki blog untuk menampung tulisan-tulisan saya tersebut.

Mulai lah saya berselancar di google mencari informasi bagaimana cara membuat sebuah blog. Setelah berkali-berkali mencoba membuat dan mengotak-atik blog, maka jadilah blog saya tersebut. Blog saya beralamat di : https://sharing-literasi.blogspot.com.

Saya berencana menjadikan blog tersebut bagaikan ruang kerja pribadi yang mendeskripsikan kepribadian, karakter dan capaian saya. Saya ingin blog saya tersebut merupakan representasi dari personifikasi saya. Maka apa-apa yang telah saya capai saya tampilkan di blog tersebut. Dengan melihat tampilan blog saya tersebut, pembaca yang berkunjung ke blog saya akan dapat mengenal bagaimana sifat dan karakter saya dan mengetahui sejauh mana capaian saya hingga sekarang.

Setelah beberapa bulan sejak blog saya buat dan saya posting beberapa tulisan, ternyata blog saya tersebut belum terdeteksi di google. Maka saya pun kembali mempelajari bagaimana caranya agar blog dan artikel-artikel postingan saya dapat terbaca/terindeks oleh google.

Setelah berulang-ulang belajar dan mencoba, akhirnya blog saya dapat terindeks oleh google. Dan pelan-pelan artikel postingan saya juga mulai terindeks google.

Walaupun saya bisa dikatakan terlambat belajar membuat blog, tetapi saya puas akhirnya saya dapat membuat blog sendiri dan menata tampilan blog sesuai keinginan saya. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yang terpenting proses yang dijalani dan kemauan untuk maju. []

 

Gumpang Baru, 25 September 2020

 ____________________________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan 30 judul buku, Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id.

 

  

Tidak ada komentar:

Postingan Populer