Powered By Blogger

Sabtu, 26 September 2020

UMUR DAN MISTERI KEHIDUPAN : Refleksi Memperingati 1 Tahun Kelahiran Bidadari Kecil

 

Merayakan Ultah pertama putri kecil kami

Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

Hari ini, tepat dua belas bulan yang lalu telah lahir seorang gadis kecil nan cantik yang mengisi dan melengkapi kebahagiaan keluarga kami. Kehadiran bidadari kecil di keluarga kami memang sudah lama kami idam-idamkan.

Dulu kami memiliki keinginan dan harapan besar akan hadirnya seorang gadis kecil nan cantik yang akan menghiasi setiap sudut rumah kami dengan senyuman, tawa canda, teriakan, tangisan dan tingkah polah lucunya. Harapan akan bertambahnya kebahagiaan di keluarga yang akan memperpanjang rasa syukur kami kepada Allah Swt atas limpahan karunia berbagai kenikmatan-Nya.

Selama 10 tahun lamanya kami memelihara dan merawat harapan akan hadirnya seorang putri kecil yang cantik. Harapan akan bertambahnya kebahagiaan tersebut telah membuat kami tetap bertahan dalam rasa syukur. Bisikan-bisikan bernada putus asa beradu dengan suara batin yang mengarahkan untuk tetap optimis. Walaupun rasa putus asa sempat mendominasi hati kami, tetapi tetap tidak mampu memadamkan bara api optimisme kami akan karunia dan kemahabesaran Allah Swt.

Maka hasil dari komitmen menjaga rasa optimisme akan hadirnya buah hati yang akan menambah kebahagiaan dan memanjangkan rasa syukur kepada sang Khalik, di suatu pagi dua belas bulan yang lalu lahirlah seorang bayi mungil nan cantik ke dunia ini. Bayi kecil nan cantik tersebut hadir ke dunia ini atas kehendak Allah Swt untuk melengkapi kebahagiaan keluarga kami. Kami sangat bersyukur atas keajaiban dunia yang diperlihatkan Allah Swt kepada kami.

Dalam menjalani proses kehidupan ini, kami yakin bahwa Allah Swt tidak akan pernah mengecewakan hamba-hamba-Nya walaupun di hati hamba-hamba-Nya tersebut hanya tinggal tersisa keyakinan dan harapan sebesar dzarrah. Allah Swt tidak pernah mengabaikan doa dan harapan hamba-hamba-Nya yang secara tulus ikhlas menengadahkan tangan dan merendahkan diri sambil memanjatkan puji-pujian kepada Allah Swt dan menyisipkan sekeping harapan akan kemurahan dan kasih sayang Allah Swt.

Sekarang usia putri cantik kami telah menginjak satu tahun. Selama satu tahun ini dia telah mengisi sisi-sisi kosong di antara ruang-ruang kebahagiaan di hati kami. Kehadirannya benar-benar telah menginisiasi lahirnya keceriaan dan kebahagiaan di keluarga kami. Kami sekeluarga benar-benar menikmati kebahagiaan tersebut. Hanya karena kemurahan dan kasih sayang Allah lah kami dapat merasakan kebahagiaan ini.

Di hari memperingati bukti kasih sayang Allah Swt kepada keluarga kami melalui sarana kelahiran putri kecil kami tersebut, kami memanjatkan rasa syukur yang tiada terbatas kepada Allah Swt atas segala karunia limpahan berbagai macam kenikmatan, baik kenikmatan jasmani maupun rohani. Di hari yang istimewa ini, kami juga menyampaikan doa dan harapan untuk kebaikan putri kecil kami.

Sebuah harapan dan doa yang tulus terucap dari bibir orang tua yang sangat mencintai dan menyayangi putri kecilnya insyaAllah tiada sia-sia. Sebuah doa dan harapan kepada sang pemberi keajaiban (sebagai bukti atas ketundukan dan kepasrahan seorang hamba kepada Tuhannya atas segala kehendak dan ketetapan yang maha bijaksana) insyaAllah memiliki nilai khusus.

Selamat memperingati ulang tahun pertamamu bidadari kecilku. Semoga engkau senantiasa dalam berada keridhaan, keberkahan dan perlindungan Allah Swt. Amin. []

Gumpang Baru, 03 November 2018

 

____________________________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan 30 judul buku, Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id.

Tidak ada komentar:

Postingan Populer