Powered By Blogger

Minggu, 27 September 2020

MANFAAT, CINTA DAN BAHAGIA : Tiga Kata Kunci Penggerak Roda Kehidupan Adrinal Tanjung, Sang Penulis Buku Birokrat Menulis 2

 


Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

Setiap orang akan selalu berhadapan dengan pilihan jalan hidup di setiap tarikan nafas kehidupannya. Pilihan-pilihan jalan hidup tersebut terkadang terkesan sulit dan rumit untuk sekedar menentukan keputusan jalan mana yang harus dipilih. Setiap pilihan jalan hidup pasti akan berkonsekuensi dengan resiko dan hambatan yang menghadang. Saya yakin semua orang pasti menginginkan jalan kehidupannya baik-baik saja dan lancar-lancar saja. Saya percaya bahwa pada dasarnya setiap orang pasti ingin hidupnya bahagia. Ya, kebahagiaan adalah tujuan semua orang.

Kebahagiaan adalah kata kunci dalam mengarungi samudera kehidupan ini yang terkadang muncul ombak besar dan badai mengerikan yang siap menghantam dan memporakporandakan bahtera kita. Hanya orang-orang yang mengetahui betul tujuan hidupnya dan menentukan pilihan jalan hidupnya yang akan mampu menaklukkan keganasan ombak dan badai samudera tersebut.

Membaca buku Birokrat Menulis 2 karya sahabat saya Adrinal Tanjung, seorang birokrat yang memiliki passion di bidang literasi menulis, saya serasa ikut menyaksikan dan mengalami langsung bagaimana beliau menjalani perjalanan hidupnya. Melalui tulisan-tulisan di setiap lembar halaman bukunya tersebut, saya memahami bagaimana sulitnya beliau menjalani kehidupan sesuai pilihan jalan hidupnya, yakni jalan hidup dunia literasi, tetapi beliau tetap menjalaninya dengan yakin dan pantang menyerah karena beliau tahu betul tujuan hidupnya.

Dari setiap untaian kata-kata yang tercetak di setiap lembar halaman bukunya, untaian kata-kata yang indah dan menghanyutkan pikiran tersebut, saya menangkap adanya sebuah semangat luar biasa dari Adrinal Tanjung. Sebuah semangat untuk membuktikan diri bahwa pilihan jalan hidupnya untuk menekuni dunia literasi adalah pilihan benar dan terbaik yang ditunjukkan Allah Swt.

Saya merasakan bahwa di balik perjuangan Adrinal Tanjung untuk konsisten menekuni dunia literasi dengan tetap menjalani profesinya sebagai seorang birokrat, diwarnai dengan berbagai perasaan. Ada pergolakan perang batin yang hebat ketika sahabat saya tersebut akan menetapkan pilihan menapaki jalan literasi. Ada jalan berlika-liku yang harus dilalui, ada banyak hambatan kerikil-kerikil tajam yang harus disingkirkan, ada samudera luas yang harus diarungi dan ada lembah gunung yang harus didaki, yang semuanya itu dirangkum dengan kata "berdarah-darah". Ya, " berdarah-darah" adalah kata yang dipilihnya untuk menggambarkan bagaimana berat dan sulitnya dia berjuang menekuni bidang literasi menulis hingga menuai kesuksesan seperti sekarang ini.

Membaca buku Birokrat Menulis 2 halaman demi halaman, saya semakin takjub dan bangga dengan semangat dan ketegasan sikap sahabat saya tersebut. Maka ketika saya diminta beliau untuk memberikan testimony terhadap isi buku terbarunya tersebut, saya bingung mau menuliskan apa. Saya bingung bagaimana cara meringkas kisah panjang perjalanan Adrinal Tanjung dalam menekuni dunia literasi ke dalam beberapa kalimat. Setelah lama merenung, akhirnya saya menemukan tiga kata untuk merangkum dan menggambarkan kisah panjang perjalanan kehidupannya tersebut, yaitu MANFAAT, CINTA, dan BAHAGIA.

Kata "Manfaat" saya pilih untuk menggambarkan tujuan Adrinal Tanjung menulis, yakni berbagi manfaat kebaikan ke orang lain. Kata "Bahagia" juga saya pilih karena saya tahu bahwa Adrinal Tanjung menulis bukan untuk mencari keuntungan finansial ataupun kesenangan, tapi yang dicarinya adalah kebahagiaan. Dengan menulis dia merasa bahagia. Kebahagiaan lah yang membuat Adrinal Tanjung tetap konsisten menekuni literasi menulis sampai sekarang. Sedangkan kata "Cinta" sengaja saya pilih karena saya merasa bahwa Adrinal Tanjung menulis buku Birokrat Menulis 2 karena kecintaannya pada instansi dan profesinya.

Sahabat pembaca, jika Anda ingin melihat langsung bagaimana rasa ingin berbagi manfaat kebaikan, rasa bahagia dan rasa cinta telah mampu membuat seseorang sukses menjalani kehidupan dan kariernya, maka bacalah buku Birokrat Menulis 2 ini. Sebuah karya luar biasa dari seorang birokrat yang bernama Adrinal Tanjung. Selamat membaca. []

 

____________________________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan 30 judul buku, Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id.

Tidak ada komentar:

Postingan Populer