Powered By Blogger

Senin, 28 September 2020

SIFAT-SIFAT PARA PENUNTUT ILMU



Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

 

Di masa sekarang ini, kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan sudah cukup tinggi. Hal dibuktikan dengan tingginya minat para orang tua untuk mengirimkan anak-anaknya mengenyam pendidikan sampai jenjang sarjana bahkan sampai jenjang pascasarjana. Dari sisi orang tua, kondisi seperti ini patut kita syukuri. Tetapi dari sisi anak, ada yang perlu kita perhatikan yaitu tentang sifat-sifat penuntut ilmu. Apakah anak-anak kita sudah memiliki sifat-sifat penuntut ilmu sehingga tujuan mereka dalam menuntut ilmu tidak salah?

Apakah sifat-sifat penuntut ilmu yang harus dimiliki setiap orang yang sedang berjuang menuntut ilmu tersebut? Berikut penjelasannya.

1.        Ikhlas karena Allah SWT. Setiap siswa maupun mahasiswa dalam menuntut ilmu harus hanya semata-mata mengharapkan keridloan Allah SWT dan untuk bekal di akhirat, bukan untuk pamer, ingin terkenal ataupun harta benda.

"Barangsiapa menuntut ilmu demi memperoleh keridloan Allah SWT, akan tetapi dia tidak menggunakannya kecuali untuk memperoleh harta benda dengan ilmu itu, maka dia tidak akan mencium bau surga di hari kiamat" (HR. Ibnu Majah dan Imam Ahmad).

2.        Sabar dalam menanggung kesulitan dan lapang dada. Menuntut ilmu itu adalah sebuah perjuangan, bukan kesenangan. Hal ini yang kadang kurang disadari oleh generasi sekarang, banyak yang tidak mau susah dalam studinya.

3.        Merasa rendah hati pada saat menuntut ilmu, menjauhi sikap takabur dan kebanggaan atas diri sendiri. "Barangsiapa belum pernah merasakan kehinaan sesaatpun dalam menuntut ilmu, maka dia akan menelan kebodohan selama hidupnya".

4.        Menelaah ilmu secara sungguh-sungguh. Kalau penuntut ilmu mencurahkan segenap kemampuan untuk suatu ilmu, maka dia akan memperoleh sebagian dari ilmu tersebut.

5.        Menghormati pendidik (ulama, ustadz, guru, dosen) dan menjaga kemuliaan mereka, tidak mencacat dan melukai kehormatan mereka.

6.        Bersopan santun kepada pendidik, baik dalam mendengarkan dan menerima pelajaran, beretika dan berusaha memperoleh pemahaman sempurna ketika menanyakan suatu masalah kepada mereka.

7.        Menjauhi perdebatan dan diskusi yang tidak bermanfaat. “Tidak ada berdebatan kecuali untuk mencari kebenaran".

8.        Semboyan seorang penuntut ilmu adalah "Hikmah adalah milik mukmin yang hilang. Di manapun dia menemukannya, maka dia lebih berhak terhadapnya".

            Demikian beberapa sifat penuntut ilmu yang sebaiknya dimiliki oleh setiap peserta didik, baik siswa sekolah maupun mahasiswa di perguruan tinggi. Sifat-sifat penuntut ilmu tersebut pada hakikatnya adalah adab, akhlak dan etika bagi setiap orang yang sedang menuntut ilmu. []

 

Keterangan :

Artikel merupakan saduran dari buku "Hakikat Ilmu Menurut Islam" karya Dr. Naser Al-Umar.

 

____________________________________

*) Penulis adalah staff pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS), Peraih juara 1 nasional bidang Kimia pada lomba penulisan buku pelajaran MIPA di Kementerian Agama RI (2007), Penulis buku tersertifikasi BNSP, Penulis dan pegiat literasi yang telah menerbitkan 30 judul buku, Konsultan penerbitan buku pelajaran Kimia dan IPA, dan Reviewer jurnal ilmiah terakreditasi SINTA 2. Penulis dapat dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281329023054 dan email : anc_saputro@yahoo.co.id. 

Tidak ada komentar:

Postingan Populer