Powered By Blogger

Sabtu, 19 September 2020

POHON ITU MULAI BERBUAH

 


Oleh :

Agung Nugroho Catur Saputro

 

Setiap orang adalah motivator, minimal untuk dirinya sendiri. Seorang motivator yang baik adalah mencontoh dirinya sendiri. Kisah-kisah perjuangan dirinya dalam mewujudkan cita-cita adalah materi motivasi terbaik untuk disampaikan ke orang lain. Janganlah motivasi kita kepada orang lain justru belum pernah kita praktikan.

Demikian pula halnya dalam memotivasi mahasiswa untuk menulis. Penulis memotivasi mahasiswa untuk mau menulis dengan memberikan contoh nyata yang telah penulis jalani. Penulis membangkitkan semangat mahasiswa menulis dengan menunjukkan karya-karya buku yang telah penulis hasilkan. Penulis memberikan contoh nyata bagaimana proses belajar menulis dan produk buku hasil tulisan penulis.

Sejak tahun 2018 penulis menginisiasi grup WA dengan nama "Dosen & Mahasiswa Menulis". Semua mahasiswa yang penulis bimbing baik mata kuliah Seminar Kimia maupun Skripsi, dan mahasiswa yang sering berinteraksi dengan penulis, penulis undang menjadi anggota grup. Di grup tersebut penulis mengajak dan memotivasi anggota grup untuk mau menulis. Metode yang penulis tempuh selain mengajak anggota menulis adalah dengan memosting tulisan-tulisan penulis di grup tersebut. Selain itu penulis juga menginfomasikan jika ada buku baru penulis yang baru terbit. Semua langkah tersebut penulis lakukan untuk memotivasi dan membangkitkan semangat mahasiswa mau menulis.

Pelan tapi pasti akhirnya hasil perjuangan penulis mulai terlihat. Ibaratnya pohon yang penulis tanam selama ini akhirnya berbuah juga. Akhirnya mulai muncul buku-buku karya anggota grup. Sudah ada dua anggota grup yang merilis buku solo perdananya. Penulis sangat bangga dan bahagia karena perjuangan selama ini tidak sia-sia. Penulis bersyukur karena di grup literasi tersebut mulai tumbuh tunas-tunas baru calon penulis.

Anggota grup yang baru saja merilis buku baru dan buku solo perdananya adalah mas Marwan dengan menggunakan nama pena "Ilhamsyah Putra" dengan judul buku "Berhenti Sebentar dan Merenung". Sinopsis buku tersebut adalah sebagai berikut.

---------------------------------------------

Sejatinya, tanpa dipaksakan, manusia akan menyadari bahwa eksistensi Tuhan adalah nyata dan benar-benar ada. Hal itu dapat dibuktikan melalui proses perenungan terhadap segala hal yang terjadi di alam semesta ini. Secara sederhana, istilah Tuhan digunakan oleh manusia untuk menjuluki sesuatu yang lebih berpotensi, lebih kuat, lebih ahli, dan lebih berkuasa dari apapun dan siapapun. Tuhan juga diyakini sebagai suatu entitas yang menciptakan segala hal, dan juga berkuasa untuk mengatur dan menetapkan kehendak atas segala hal itu.

Keyakinan tentang keberadaan Tuhan telah mendorong manusia untuk berusaha mengenal dan mencari tahu jati diri atau hakikat dari Tuhan. Dalam pencariannya, manusia juga akan terdorong untuk mencari tahu tentang keterlibatan Tuhan dalam kehidupan yang sedang berlangsung. Bahkan, melalui dimensi spiritualitasnya, manusia mencoba berinteraksi dengan pola relasi yang beragam. Dunia sebagai tempat bagi manusia menjalani kehidupan saat ini seperti tidak terlepas dari segala sesuatu yang menyenangkan dan menyedihkan. Berdasarkan konsep ketuhanan, keduanya adalah satu kesatuan sistem yang digunakan oleh Tuhan untuk menguji manusia sebelum menilainya dengan penilaian yang membuahkan konsekuensi. Manusia dituntut untuk mampu memahami kehadiran ujian sebagai suatu kepastian hidup yang perlu disikapi dengan baik.

Pemahaman terhadap ujian yang dilandasi dengan keimanan kepada Tuhan dapat melahirkan paduan yang sarat dengan nilai-nilai spiritualitas, sehingga manusia dapat berjalan dengan penuh kesabaran, menegar dengan ikhtiar, ikhlas dengan penuh rasa lepas, dan berserah pada sandaran yang terarah, tepat hanya kepada Tuhan semata ketika menyusuri ruang-ruang hidup yang tersedia selama di dunia.

----------------------------------------------

Menyertai postingan rilis buku solo perdananya di grup WA "Dosen & Mahasiswa Menulis" tersebut, mas Marawan memberikan keterangan sebagai berikut :

"Alhamdulillah, berkat motivasi dan dorongan dari teman-teman semua, terutama Pak Agung yang telah menginspirasi, saya diberikan kesempatan untuk berkarya. Semoga kita selalu diberikan kesempatan dan semangat untuk berkarya".

Demikian kisah kesuksesan seorang calon penulis yang telah menunjukkan langkah nyatanya menjadi penulis dengan menulis buku. Semoga menginspirasi. Salam literasi. []

 

Gumpang Baru, 7 Juni 2020

Tidak ada komentar:

Postingan Populer